Web Browser dan Search Engine Serupa Tapi Tak Sama

Web Browser dan Search Engine Serupa Tapi Tak Sama

Hayo lagi bingung ya nyari perbedaan web browser sama search engine.? Ngaku aja deh, buktinya kamu nyasar ke halaman ini šŸ™‚ . Meski hampir tiap hari nongkrong di depan layar komputer, tapi kita sering salah kaprah dan menganggap keduanya sama. Padahal web browser dan search engine itu serupa tapi tak sama lho.

 

Oke sekarang kita mulai dari pengertian web browser lebih dulu. Web browser atau penjelajah web, merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menelusuri , mengambil dan menampilkan semua informasi yang terdapat dalam jaringan World Wide Web (www) atau internet.

 

Mozilla Firefox, Opera dan Google Chrome

 

Informasi itu bisa berupa teks, gambar, infografis, video atau data apa saja. Software ini juga memungkinkan mengolah kodeĀ  HTML, maupun bahasa pemrograman dinamis yang lain seperti Javascript dan menyajikan nya ke dalam tampilan antar muka yang lebih mudah di pahami.

 

Web browser akan bekerja ketika pengguna menuliskan alamat sebuah situs atau websiteĀ  pada addres bar. Jadi kita harus tahu pasti alamat situs atau website yang ingin kita akses. Tanpa itu mustahil browser bisa bekerja.

 

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan Mozilla Firefox, Opera dan Google Chrome. Nah itulah yang termasuk jenis web browser. Sejarah web browser di awali dengan Mosaic, yang di kembangkan oleh ilmuwan komputer di University of Illinois, Amerika Serikat. Sejak di rilis pada tahun 1993 , banyak fitur fitur dasar dari Mosaic yang masih tetap di gunakan hingga sekarang.

 

Setelah proyek Mosaic berakhir, para pengembang nya mulai membidani lahirnya Netscape Navigator. Web browser yang masih tetap digunakan hingga tahun 2007 ini merupakan cikal bakal dari Mozilla Firefox yang sangat populer saat ini.

 

Menggunakan Search Engine Lebih Nyaman

 

Jika web browser bekerja berdasarkan alamat sebuah situs atau website, maka lain hal nya dengan search engine. Program ini bekerja mencari semua jenis informasi berdasarkan kata kunci yang kita masukkan. Setiap kali kita ingin mencari sebuah informasi tertentu,Ā  tinggal memasukkan kata yang berkaitan di halaman mesin pencari.

 

Selanjutnya mesin pencari akan mengaduk aduk isi internet. Menjelajah data yang tersedia di jutaan situs website yang relevan dengan kata pencarian dan menampilkan beberapa situs website itu di layar komputer kamu. Mesin pencari atau search engine merupakan pengembangan dari web browser, untuk memudahkan kita mencari informasi, tanpa harus mengingat alamat website.

 

Pengguna tidak perlu melakukan instalasi di komputer, karena search engine berbentuk seperti umumnya website lain nya yang bisa kita akses melalui web browser. Saat ini ada banyak search engine yang terdapat di internet. Namun kita mengenal beberapa yang sangat populer sepertiĀ  Google, Yahoo , Bing dan Baidu ( China ).

 

Untuk kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses informasi di internet, menggunakan search engine tentu lebih nyaman, karena kita tidak perlu ribet mengingat alamat sebuah website. Namun tanpa adanya web browser yang ter instal di perangkat komputer, ya sudah pasti kita tidak bisa menikmati kemudahan search engine šŸ™‚

 

Agar Lebih Jelas, Nih Bedanya

 

Agar lebih jelas nya kamu bisa lihat perbedaan antara web browser dan search engine di bawah ini :

 

  • Web browser adalah program software ( perangkat lunak ) yang membutuhkan instalasi terlebih dulu di perangkat komputer kita, sedangkan search engine tidak perlu instal, karena sudah ada di internet.

 

  • Web browser di gunakan untuk membuka halaman sebuah website dengan format www berdasarkan alamat website yang kita tulis di addres bar, sedangkan search engine menampilkan halaman website berdasar kata kunci terkait yang kita tuliskan.

 

  • Tanpa web browser kita nggak bisa membuka halaman search engine, karena search engine merupakan bagian internet yang hanya bisa di akses melalui browser. Namun tanpa search engine kita masih bisa mengakses internet melalui web browser.

 

Mudah mudahan ulasan singkat tentangĀ  Web browser dan search engine serupa tapi tak sama ini bermanfaat buat kamu. Lain waktu kita kupas lebih banyak lagi tentang jenis web browser dan search engine yang banyak di gunakan penjelajah internet.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *