Waspadalah 6 Cara Hackers Membobol Password Kamu

Waspadalah 6 Cara Hackers Membobol Password Kamu

Perkembangan internet dalam beberapa dekade terakhir ini sungguh luar biasa. Hampir segala aktifitas kita sehari hari tidak dapat di pisahkan dengan nya. Mulai dari ber sosial media , jual beli ,hingga aktifitas perbankan menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi internet.

 

Di satu sisi, kita benar benar merasakan manfaat. Namun keberadaan internet juga memicu munculnya masalah baru yang bisa merugikan pengguna nya. Marak nya aksi penipuan maupun pembobolan akun yang di lakukan sekelompok oknum adalah salah satu imbas negatif yang harus kita waspadai.

 

Jangan pernah berpikir kalau data pribadi anda aman aman saja. Ada ratusan cara yang di lakukan para penjahat cyber untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan setiap celah yang ada. Perlu kamu ketahui para penjahat ini memiliki kemampuan selangkah di depan pengembang aplikasi , sehingga kita pun harus ekstra hati hati saat ber interaksi di dunia maya ini.

 

Agar kamu terhindar dari aksi kejahatan internet yang selalu mengincar setiap saat, waspadalah 6 cara hackers membobol password kamu berikut ini :

 

1.Melalui pesan email

 

Keberadaan email atau surat elektronik harus di akui sangat di butuhkan dalam aktifitas online kita. Email adalah sarana untuk saling berkirim pesan secara cepat dan juga di gunakan sebagai  ” anak kunci ” ketika kita akan masuk ke dalam akun yang kita kelola.

 

Namun berhati hatilah ketika anda menerima email yang terlihat mencurigakan. Biasanya email berisi tawaran atau iming iming yang tidak masuk akal. Misal nya menyatakan anda sebagai pemenang sebuah undian berhadiah yang tidak pernah anda ikuti atau ajakan kerjasama dan meminta anda memasukkan data pribadi anda untuk urusan administrasi.

 

Apapun alasan nya jangan pernah indahkan email seperti itu, jika anda tidak benar benar mengenal si pengirim email tersebut. Selain itu , email juga bisa di manfaatkan dengan menautkan sebuah link alamat tertentu yang jika anda klik maka bersiaplah untuk menerima kunjungan virus jahat yang siap mencuri data pribadi anda.

 

2. Membuat aplikasi atau website palsu ( Phising )

 

Ada banyak cracker yang mencoba mengelabui anda dengan membuat aplikasi atau website palsu ( phising ) yang sangat mirip dengan website aslinya. Metode ini banyak di gunakan untuk mencuri data pribadi pengguna layanan internet banking.

 

Jadi prinsip kerja nya begini , katakan saat ini anda memiliki rekening di Bank Mandiri  dan menggunakan layanan internet banking nya. Nah suatu ketika anda akan melakukan transaksi keuangan dan membuka website Bank Mandiri melalui browser anda, tanpa di sadari anda telah memasukkan username dan password pada website palsu yang selintas memang sangat mirip dengan website resmi nya.

 

Apa lacur, para penjahat pun berhasil mendapatkan data login anda, kemudian menggunakan nya sebagai kunci untuk menguras isi rekening anda. Hal ini bisa anda hindari dengan lebih berhati hati ketika akan bertransaksi internet banking.

 

Pastikan alamat yang tertulis di kolom address browser benar benar sesuai dengan alamat website resmi nya. Untuk website perbankan sudah pasti alamat nya menggunakan https ( hyper text transfer protocol secure ). Yang membedakan dengan website biasa atau http adalah adanya jaminan keamanan yang di tandai dengan adanya kata secure. Https di lindungi dengan sertifikat SSL sebagai fitur keamanan sehingga tidak mudah untuk di bobol.

 

Pencurian data juga bisa terjadi ketika anda tertarik untuk menginstal aplikasi palsu, yang sudah di susupi virus pencuri. Solusinya jangan pernah mendownload sebuah aplikasi di luar situs atau website resmi , karena banyak pihak mencoba membuat aplikasi palsu yang sangat mirip dengan versi aslinya untuk tujuan phising.

 

Penasaran sama hacker cantik dan aksi peretasan paling mengerikan :

 

5 Hacker Wanita Tercantik Dunia Ini Keren Habis

 

Peretasan Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

 

3. Hati hati bujuk rayu Iklan

 

Di tengah anda sedang asyik berselancar di dunia maya, terkadang anda mendapatkan tawaran menarik dari sebuah iklan. Kalo iklan tersebut normal normal saja nggak akan jadi masalah. Anda hanya perlu berhati hati jika isi iklan tersebut terlihat janggal.

 

Ambil contoh sebuah produk elektronik yang dijual dengan harga jauh lebih murah di bawah harga pasar. Jika sudah demikan, anda tentu patut curiga dong. Mana ada yang mau berbaik hati memberi sesuatu pada orang lain tanpa punya maksud tertentu 🙂

 

Jangan termakan bujuk rayu iklan seperti itu, apalagi sampai mentransfer sejumlah uang sebagai uang muka misalnya. Lebih baik berpikir yang realistis aja, ketimbang anda buntung.

 

4. Software Key Logger

 

Key Logger merupakan sebuah software yang di tanam pada sebuah perangkat komputer untuk membaca dan merekam semua gerakan pada tombol keyboard atau keystick. Jika anda sering menggunakan komputer di warnet, waspadalah karena ada kemungkinan tangan tangan jahat yang telah menyuntikan software Key Logger ini.

 

Tidak ada aplikasi khusus yang bisa di gunakan untuk mendeteksi keberadaan software Key Logger ini. Jadi sebisa mungkin hindari mengunakan komputer warnet jika anda ingin berkunjung ke sebuah situs atau akun yang membutuhkan login username dan password.

 

Ada satu alternatif yang bisa anda gunakan untuk menangkal software Key Logger, yakni dengan menggunakan keyboard virtual. Jika anda menggunakan OS Windows 8, fitur ini bisa di akses langsung dari ikon start. Namun untuk versi di bawah nya, anda bisa cari melalui Start >> All Program >> Accessories >> Ease of Access >>On Screen Keyboard.

 

Tidak hanya melalui komputer di warnet saja, Key Logger juga bisa di sisipkan melalui link yang di lampirkan dalam sebuah email yang di kirimkan ke anda, seperti di pembahasan di atas.

 

5. Manfaatkan WiFi

 

Saat ini kita di mudahkan dengan banyak nya jaringan WiFi yang tersedia di ruang ruang terbuka publik. Sangat menyenangkan memang, karena kita bisa berselancar dengan bebas tanpa takut kehilangan kuota internet kita.

 

Tapi tahukah anda, jika ada software khusus yang berfungsi untuk memantau lalu lintas penggunaan WiFi..? Software ini akan mencegat data yang terkirim dari perangkat smartphone anda ketika anda menggunakan jaringan WiFi.

 

Meski hal ini masih sangat jarang terjadi, namun tidak ada salahnya untuk sebisa mungkin jangan menggunakan jaringan WiFi di ruang publik ketika anda mengakses akun pribadi yang membutuhkan login.

 

6. Brute Force Attacks

 

Brute Force Attacks merupakan metode kuno yang di gunakan oleh cracker untuk mendapatkan password anda. Cara yang di gunakan sangat sederhana yakni dengan menebak kata sandi atau password secara acak.

 

Meski tingkat keberhasilan metode ini sangat kecil, namun tetap saja ada kemungkinan untuk mendapatkan sandi yang benar. Ingat hampir sebagian besar pengguna internet di dunia ini masih menggunakan kata sandi yang sangat mudah di tebak seperti deretan angka 123456 misalnya .

 

Untuk itu cobalah menggunakan kombinasi password yang rumit perpaduan huruf , angka ,karakter dan kapital. Usahakan juga jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun yang anda miliki, karena sangat rentan untuk di bobol.

 

Memang sulit untuk mengingat password yang rumit, namun demi keamanan anda sendiri apa salah nya jika anda sedikit repot untuk mencatatnya di buku agenda anda. Sebagai back up jika anda lupa sewaktu waktu.

 

Kita memang tidak pernah tahu kapan musibah datang menghampiri. Namun setidaknya waspadalah 6 cara hackers membobol password kamu ini, agar kemungkinan buruk bisa di eliminasi.

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *