Seberapa Penting Lokasi Usaha Bagi Perkembangan Bisnis..?

lokasi-usaha

 

Seberapa Penting Lokasi Usaha Bagi Perkembangan Bisnis..? Pemilihan lokasi-usaha merupakan hal yang penting saat kita mau memulai sebuah bisnis. Ada banyak hal yang harus jadi pertimbangan, sebelum kita menentukan lokasi usaha. Lokasi yang strategis dan  mudah di jangkau dari segala arah pasti nya akan ramai di datangi pengunjung.

 

Selain lokasi yang strategis, pertimbangan yang tidak kalah penting nya adalah keberadaan pesaing atau kompetitor di lokasi-usaha yang sama. Ada dua macam tipe pebisnis dalam menyikapi keberadaan kompetitor sebelum menentukan lokasi-usaha mereka.

 

Tipe pertama yaitu memandang kompetitor dari sudut pandang kepentingan pebisnis itu sendiri. Tidak adanya saingan dalam lokasi usaha maka akan semakin bagus dan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak bagi bisnis nya. Pebisnis tipe ini bisa di katakan memiliki sifat egosentris, yang  mengutamakan ego nya sendiri.

 

Pebisnis tipe kedua justru berpandangan sebalik nya. Mereka menganggap keberadaan kompetitor sebagai sebuah fenomena yang menguntungkan. Semakin banyak kompetitor atau saingan dalam lokasi yang sama , justru akan lebih menguntungkan bisnis nya.

 

 

Seberapa Penting Lokasi Usaha Bagi Perkembangan Bisnis..?

Sebuah lokasi-usaha yang di penuhi banyak usaha yang sama akan menjadi sentra belanja yang memiliki daya tarik sendiri di mata konsumen. Ambil contoh keberadaan pusat elektronik Harco Glodok atau Pasar Klewer Solo. Meski dalam perkembangan nya keberadaan sentra usaha itu semakin tergerus oleh online shop, namun pada masa jaya nya, dua lokasi itu jauh lebih ramai di bandingkan lokasi usaha lain.

 

Seiring perubahan zaman, di mana bisnis online lebih mendominasi, pemilihan lokasi-usaha pun tidak bisa lepas dari prinsip tradisional. Lihat lah bagaimana marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia yang tumbuh menjadi raksasa e-commerce dengan jutaan pengunjung setiap hari nya

 

Bergabung dengan ribuan kompetitor lain nya di lokasi-usaha seperti di Bukalapak berpeluang mendapatkan lebih banyak pengunjung jika di bandingkan berjualan di lapak sendiri yang tanpa saingan.

 

Berdasarkan fakta di atas, kamu bisa menyimpulkan sendiri, lebih menguntungkan lokasi-usaha tipe pertama apa yang kedua..?

 

Dalam persaingan usaha, ada satu hal yang harus kita kedepankan yakni kepentingan bersama. Semua harus bisa bertahan hidup. Karena bila semua usaha dalam satu lokasi-usaha yang sama bisa maju maka lokasi tersebut akan tetap ramai di kunjungi konsumen.

 

Bila semua usaha bisa hidup, akan tercipta iklim persaingan  sehat yang bisa menjadi pelecut semangat. Sebalik nya bila satu persatu usaha itu mati, maka lambat laun konsumen akan meninggalkan lokasi usaha tersebut.

 

Oleh karena nya buang jauh jauh pemikiran negatif menyikapi kehadiran  kompetitor saat menentukan lokasi-usaha . Jadikan  kompetitor sebagai partner untuk menarik konsumen yang lebih banyak lagi untuk kemajuan bisnis kamu.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *