Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

Pohon Magnolia di Garis Tengah Stadion Nasional Chili

Pohon Magnolia di Garis Tengah Stadion Nasional Chili

Pernah kebayang nggak sih kalo dua tim sepak bola sedang bertanding di stadion, tiba-tiba di hentikan karena bola nya tersangkut di pohon. Pasti heboh banget ya..? apalagi kalo  nyangkut nya di menit menit akhir atau injury time.

 

Kejadian konyol seperti itu bisa saja terjadi di Estadio Nacionale de Chile atau Stadion Nasional Chili di kota Santiago, Chili , Amerika Selatan.

 

Stadion yang merupakan kebanggaan negara Chili ini pernah menghebohkan dunia pada tahun 2003 silam karena ada hal tak lazim di tengah stadion. Sebatang pohon Magnolia setinggi 10 meter berdiri kokoh tepat di garis tengah lapangan hijau. Lho kok bisa yaa, kayak kurang kerjaan aja.

 

Ide penanaman pohon ini bermula dari kreatifitas seorang seniman ternama Chili , Sebastian Errazuriz. Dia ingin membuat sebuah karya seni monumental yang di persembahkan kepada seluruh masyarakat Chili. Hal yang tidak mudah tentu nya, mengingat Sebastian membutuhkan waktu lebih dari 2 tahun untuk mendapatkan izin penanaman pohon itu dari pemerintah dan pihak terkait.

 

Pohon Magnolia menjadi simbol kebebasan

Pertanyaan nya kenapa Sebastian Errazuriz menanam pohon Magnolia di tengah lapangan.? Sudah gila kah sang seniman.? Tentu saja tidak. Pohon Magnolia itu di tanam untuk mengenang sebuah tragedi pahit dalam sejarah politik Chili.

Pohon Magnolia di Garis Tengah Stadion Nasional Chili

30 tahun sebelum nya atau tepatnya di tahun 1973, diktator militer Chili yang berkuasa dari tahun 1973 sampai 1991, Jenderal Augusto Pinochet Agurte menjadikan Stadion Nasional sebagai tempat tahanan dan pembantaian ribuan orang lawan politik nya.

 

Babak kelam dalam sejarah Chili itulah yang mendasari pemikiran sang seniman untuk menjadikan stadion ini sebagai taman terbuka publik. Pohon Magnolia menjadi simbol kebebasan ber ekpresi tanpa melupakan peristiwa tragis yang pernah terjadi di Estadio Nacionale.

 

Yang Unik, Sayang Untuk Di lewatkan :

Sanju Bhagat Hamil Selama 36 Tahun Padahal Dia Cowok Lho

Ada Kafe di Dalam Perut Pohon Berusia 6000 Tahun Ini

Michel Lotito Manusia Pemakan Pesawat Terbang

 

Selama satu pekan lama nya warga diberikan kebebasan untuk menuangkan kreatifitas mereka di dalam stadion. Berbagai atraksi seni dari para seniman Chili pun di tampilkan untuk menghibur warga masyarakat.

 

Yang paling menarik adalah ketika di selenggarakan pertandingan sepak bola persahabatan yang sangat meriah. Sekitar 15.000 penonton memenuhi stadion menyaksikan para pemain kesayangan mereka berebut bola sambil sesekali berteduh di bawah pohon Magnolia itu. Hemmm menarik sekali bukan.?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *