Biografi Sergey Brin Imigran Soviet Pendiri Google

Pendiri Google

Semua orang yang menggunakan internet pasti kenal banget ya sama yang namanya Google. Keberadaan mesin pencari paling populer di dunia ini bisa di katakan identik dengan internet itu sendiri.

 

Tak kenal maka tak sayang, begitulah kira kira peribahasa yang masih berlaku di kalangan anak anak alay jaman sekarang. Biar makin sayang sama Google, tak ada salahnya kalo kita mengenal sosok Pendiri Google.

 

Berkat mereka lah kamu sekarang bisa merasakan manfaat internet terutama Google saat berselancar di dunia maya.

 

Google di dirikan pada tanggal 4 September  1998 oleh dua orang mahasiswa Stanford University AS, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Perjalanan kedua Pendiri Google itu dari awal mendirikan Google hingga menjadikan perusahaan mereka sebagai  penguasa internet bisa kamu baca dalam artikel menarik ini.



 

Sergey Brin Imigran Soviet Pendiri Google

Di sini kita akan membahas sosok Sergey Brin, imigran Soviet  salah satu Pendiri Google. Sergey Mikhailovich Brin , begitulah nama lengkap presiden teknologi Google ini. Dilahirkan di Moskow, Uni Soviet pada tanggal 21 Agustus tahun 1973.

 

Sekedar tahu saja Pendiri Google ini adalah keturunan Yahudi. So.. kamu tahu kenapa aksi boikot produk zionis Israel atau bangsa Yahudi adalah hal yang sulit di lakukan. It’s just a little sample.

 

Ayah Sergey Brin bernama Mikhail Brin dan ibunya bernama Evgenia Brin. Ibu nya merupakan seorang ahli matematika lulusan Moscow State University. Tidak banyak cerita yang bisa di telusuri tentang masa kecil pendiri Google ini.

 

Yang jelas saat Sergey Brin berumur 6 tahun, keluarganya memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat. Di sana, Brin yang sudah menginjak usia sekolah di masukkan ke sekolah dasar Paint Branch Montossori yang terletak di kota Adelphi, Maryland.

 

Pada bulan September 1990, setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School, Brin diterima di University of Maryland, College Park. Di sana ia mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993.

 

Bakat Sergey dalam ilmu matematika tidak lepas dari peran sang Ayah yang juga seorang profesor di departemen matematika University of Maryland.

 

 

Momen tak terlupa di Stanford University

Selepas dari University of Maryland, Sergey Brin kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation. Di salah satu kampus paling bergengsi di Amerika inilah Sergey Brin mulai menunjukkan ketertarikan nya pada Internet terutama mengenai search engine (mesin pencari).

 

Ia menulis banyak penelitian atau semacam riset kecil yang membahas tentang pengumpulan data dan algoritma. Sergey juga menulis software yang dapat mengubah bahasa TeX menjadi HTML untuk memudahkan tugas-tugasnya.

 

Momen terpenting Segey Brin di Stanford University adalah ketika ia bertemu dengan Pendiri Google lain nya yakni Larry Page. Menurut rumor di Google, Page dan Brin pada awalnya tidak saling menyukai ketika mereka pertama kali bertemu di pasca sarjana doktoral  ilmu komputer Stanford University pada tahun 1995.

 

Namun, pada akhirnya kedua pendiri Google itu merasa bahwa mereka memiliki ketertarikan yang sama. Ya kedua nya tertantang untuk memecahkan satu permasalahan besar dalam dunia internet kala itu. Bagaimana mencari dan menemukan jutaan informasi dan data yang relevan dari sekumpulan data yang besar.

 

Bersama-sama, pasangan ini kemudian menulis sebuah karya berjudul ” The Anatomy of a Large Scale Hypertextual Web Search Engine” yang dianggap sebagai bibit bagi karier mereka.

 

 

Peringkat 13 orang terkaya di dunia

Sukses membawa Google mencapai puncak kejayaan nya tentu saja bukan perkara yang mudah. Betapa pada awalnya mereka harus berjuang, bahkan mencari investor yang mau membiayai proyek mereka.

 

Hingga kini Sergey Brin bersama Larry Page masih tetap kompak memegang kendali raksasa internet dunia itu.
Berdasarkan laporan majalah Forbes bulan Oktober 2017, Sergey Brin menduduki peringkat 13 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai USD 47,9 miliar.

 

Sukses membangun bisnis ternyata tidak di ikuti sukses dalam kehidupan rumah tangga nya. Sergey Brin yang menikah dengan Anne Wojcicki pada tahun 2007 ini, di tuntut cerai pada tahun 2015 kemarin akibat perselingkuhan Brin dengan salah satu karyawan Google.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *