Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

Peluang Bisnis Manis di Bulan Ramadhan

peluang bisnis manis di bulan ramadhan

Tak terasa besok kita sudah di pertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan. Bulan penuh berkah yang selalu di rindukan kehadiran nya oleh segenap umat muslim, tak terkecuali saya dan anda yang seiman. Di bulan ini semua orang saling berlomba meningkatkan kualitas ibadah nya dan melakukan amal kebaikan sebagai bekal untuk kehidupan akhirat nanti.

 

Bulan Ramadhan memang bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah. Bukan hanya umat muslim saja yang bersuka cita menyambutnya. Umat agama lain pun juga merasakan manfaat yang luar biasa. Kultur budaya masyarakat Indonesia pada umum nya, mendorong terjadinya peningkatan aktifitas ekonomi di bulan Ramadhan.

 

Yaa ada begitu banyak aktifitas rutin yang menjadi tradisi di bulan ini. Dan itu semua menciptakan peluang bisnis di bulan Ramadhan yang cukup menguntungkan secara finansial. Sungguh terlalu dan amat di sayangkan kalo kita tidak ikut ambil bagian dan memanfaatkan momen yang hanya datang setahun sekali ini.

 

Baca dulu biar anda tambah semangat  :  Bisnis Online.? Solusi Cerdas Penghasilan Tak Terbatas

 

Nah buat anda yang tertarik mendapatkan tambahan uang belanja untuk merayakan hari lebaran nanti, berikut ini ada beberapa peluang bisnis di bulan Ramadhan yang layak untuk di coba

 

1.Menyediakan Paket Katering Makan Sahur

 

Makan sahur merupakan salah satu hal yang menjadi rukun dari ibadah puasa. Makan di pagi hari sebelum waktu subuh ini bertujuan agar tubuh kita memiliki cukup energi meski seharian berpuasa.

 

Namun ada banyak orang yang karena alasan tertentu tidak mau repot repot memasak hidangan sahur di pagi hari. Ada sebagian yang memilih jajan makan sahur di luar, tapi ada juga yang rela berpuasa tanpa makan sahur.

 

Kalo anda mau sedikit repot, ini bisa jadi peluang bisnis yang lumayan. Anda bisa menyediakan paket katering makan sahur yang sederhana namun berkualitas. Mulai lah dengan mengajukan penawaran kepada beberapa orang teman atau lingkungan di sekitar tempat tinggal anda.

 

Buatlah daftar atau list siapa saja yang tertarik untuk menjadi pelanggan paket katering makan sahur dadakan anda ini. Ya dengan sedikit basa basi dan rayuan manis pasti ada yang tertarik juga kok 🙂 . Memang di butuhkan sedikit modal dan  kalkulasi yang cermat agar anda bisa memetik keuntungan dari usaha paket katering makan sahur ini.

 

 

2. Berjualan Ta’jil untuk Buka Puasa

 

Ketika masih bekerja di Cikarang dulu ada satu pemandangan yang jamak terjadi saat bulan puasa. Ketika hari menjelang sore, hampir di sepanjang jalan banyak sekali penjual makanan dadakan yang bermunculan. Fenomena seperti ini sangat jarang saya jumpai di kampung kelahiran saya Wonogiri , kenapa yaa..? 🙂

 

Meskipun jumlah pedagang makanan itu begitu banyak, namun semuanya tetap laku dan dagangan nya pun habis ludes tak tersisa. Saya sendiri bahkan sering kecewa karena kehabisan saat mau beli menu ta’jil untuk buka puasa ini.

 

Makanan apa saja sebenarnya laku di jual. Namun menu ta’jil  seperti Es Dawet, Kolak , Asinan dan Gorengan tentu lebih berpotensi laris manis tanjung kimpul, dagangan habis untung terkumpul 🙂

 

Manfaatkan peluang bisnis di bulan Ramadhan ini dengan menjadikan halaman depan rumah anda sebagai lapak berjualan ta’jil untuk buka puasa.  Atau setidaknya sedikit keluar ke ujung gang , ya itung itung sekalian nunggu waktu berbuka puasa sambil ngabuburit.

 

 

3. Delivery Order Kolang-Kaling

 

Anda tahu kolang kaling.? Jenis buah ini termasuk primadona yang paling banyak di cari ketika bulan Ramadhan tiba. Rasanya kok kayak ada yang kurang gitu kalo bikin kolak tanpa kolang kolang,, eh kolang kaling ding.

 

Pemanfaatan kolang kaling tidak terbatas sebagai isi pelengkap kolak aja lho. Bisa juga di gunakan sebagai manisan dan lain sebagainya. Di bulan puasa ini, permintaan kolang kaling tentu akan mengalamai peningkatan yang signifikan.

 

Adik perempuan saya yang tinggal di Cikarang pun sudah jauh jauh hari menekuni usaha pengolahan kolang kaling ini. Dengan sedikit sentuhan dan perlakuan khusus dia bisa mendapatkan nilai jual lebih, dengan keuntungan yang cukup lumayan.

 

Jadi ceritanya dia mulai prosesnya dari awal, sejak membeli bahan mentah di pasar, kemudian mengolahnya menjadi manisan dan pemasaran nya dengan sistem delivery order. Dalam sehari bisa dapat keuntungan bersih antara 50- 100 ribuan, lumayan kan untuk seorang ibu rumah tangga. Kalo di bulan puasa pasti akan semakin tinggi permintaan nya.

 

Nah jika anda mencari peluang bisnis manis di bulan Ramadhan ini , anda bisa mencoba memulai nya dengan delivery order kolang-kaling

 

 

4. Berjualan Perlengkapan Ibadah

 

Memasuki bulan Ramadhan mesti di barengi dengan peningkatan kualitas ibadah seseorang. Sebenarnya tidak ada hubungan antara kualitas ibadah dengan segala perlengkapan nya . Meskipun tidak baru, selama yang kita kenakan masih layak dan sesuai dengan tuntunan syariah, tentu sah sah saja.

 

Namun seperti yang saya singgung di atas tadi, kultur budaya masyarakat Indonesia yang membuat keduanya memiliki keterkaitan erat. Saat memasuki bulan puasa ini, banyak sekali orang yang ingin semua perlengkapan ibadah nya serba baru. Tidak ada yang salah memang, dan ini adalah peluang bisnis di bulan Ramadhan yang cukup menggiurkan.

 

Perlengkapan ibadah seperti mukena, jilbab, sajadah, kopiah, tasbih dan lain sebagainya termasuk minyak wangi, adalah komoditi dagangan yang mengalami peningkatan penjualan di bulan suci ini.

 

Jika anda ingin berjualan perlengkapan ibadah tapi tidak punya modal, jangan takut untuk mencoba bisnis Dropship. Ada banyak supplier yang menawarkan kerja sama dengan sistem ini, coba anda browsing di Google.

 

 

5. Berjualan Kue Kering

 

Kudapan ringan berbentuk kue kering seperti nastar dan teman teman nya adalah menu wajib yang tak pernah absen nongkrong di meja tamu, terutama ketika hari lebaran tiba.

 

Untuk itulah bisnis ini tidak akan pernah ada matinya, selama peradaban manusia ini masih ada..heehee. Jika anda memiliki keahlian memasak dan suka bikin kue sebagai hobby, berarti modal utama sudah dalam genggaman anda. Hanya butuh sedikit polesan dan kalkulasi agar anda sukses mencetak laba dari bisnis kue kering ini.

 

Tapi kalo anda merasa tidak punya kemampuan bikin kue, ya jangan terlalu di paksakan. Sebagai alternatif nya anda bisa menjadi reseller dengan mengambil produk dari orang lain, dan memasarkan nya kembali. Dalam banyak kasus, keuntungan yang di dapatkan seorang reseller bahkan bisa lebih besar dari produsen nya.

 

So, buat kamu yang ingin menambah penghasilan buat kebutuhan hari lebaran nanti, jangan kelamaan nunggu.  Sebelum lebaran keburu usai , segera cuusss dan eksekusi salah satu peluang bisnis manis di bulan Ramadhan ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *