Kamu Membuat Blog Untuk Apa.? ( Buat Blog Seri 2 )

membuat-blog

Kamu Membuat Blog Untuk Apa.? Dalam artikel sebelum nya saya sudah menyampaikan 4 Point Penting Cara Membuat Blog Untuk Pemula ( Buat Blog Seri 1 ). Setelah membaca artikel tersebut, saya berharap kamu bisa mendapatkan  gambaran umum , sebelum akhirnya memutuskan membuat-blog.

 

Luangkan waktu untuk membaca sampai tuntas  penjabaran Point penting pertama dari  4 Point penting cara membuat-blog dalam artikel ini. Saya tidak akan membahas ke 4 point ini dalam satu artikel sekaligus, karena akan terlalu panjang artikel nya, takutnya kamu malah bosan membacanya.

 

Pasti nya kamu tidak akan keberatan kalo memang punya keinginan membuat-blog sebagai jalan menjadi blogger sukses mengikuti jejak para blogger terbaik Indonesia. Dan itu sangat mungkin terjadi, setelah kamu menerapkan apa yang saya tuliskan dalam rangkaian artikel dalam Seri Buat Blog ini.

 

Point penting pertama # 1

Kamu Membuat Blog Untuk Apa.?




Niat selalu identik dengan tujuan, begitu juga yang harus kamu tekankan dari awal sebelum membuat-blog. Tanpa adanya niat yang benar benar kuat dan tujuan yang jelas, maka kamu hanya akan membuang banyak energi, baik waktu, pikiran dan juga materi.

Pada garis besarnya, saya menyimpulkan niat awal yang mendasari seseorang membuat-blog ke dalam 3 bagian atau kriteria. Masing masing mempunyai tujuan dan orientasi berbeda sehingga mempengaruhi tingkat kesulitan dalam membangun blog nya.

 

  • Niat membuat blog dengan tujuan sebagai buku harian pribadi atau diary digital

 

Jika niat awal kamu membuat blog hanya sebagai catatan yang berisi aktifitas keseharian saja, maka kamu tidak akan di hadapkan pada kesulitan yang begitu berarti. Bisa di katakan itu sangat mudah, karena kamu hanya membutuhkan cara membuat-blog saja.

 

Cukup membuat-blog tanpa perlu melakukan teknik SEO yang njlimet, yang penting kamu sudah punya blog. Tujuan bikin blog jenis ini kan hanya sebagai wadah untuk menampung kegiatanmu sehari hari. Jadi bodo amat mau di baca orang lain apa nggak,  itu nggak terlalu penting.

 

Meski sangat jarang di jumpai, tapi sebenarnya ada lho orang yang membuat blog dengan di landasi niat seperti ini. Salah satu teman saya yang punya titel S2 Sastra, punya blog yang berisi review dan pandangan pribadi nya tentang film serial Turki yang di putar di salah satu stasiun TV.

 

Karena niatnya membuat blog hanya sekedar sebagai wadah tulisan saja, maka tidak heran kalo satu satunya pengunjung ya hanya dia sendiri, padahal blog itu udah berumur lebih dari 3 tahun. Meski begitu dia nggak ambil pusing, toh niatnya juga cuma buat menyalurkan hobi saja.

 

  • Ingin sekedar berbagi pada orang lain tanpa orientasi profit

 

Kalo niat kamu membuat-blog karena ingin sekedar berbagi pada orang lain tanpa orientasi profit itu juga boleh saja. Kamu bisa membagikan beragam informasi yang bermanfaat atau sekedar sharing ilmu yang kamu miliki.

 

Bisa di katakan ini hampir sama dengan point pertama di atas. Bedanya, kamu harus bisa membuat konten yang lebih berkualitas, tidak asal asalan tanpa memperdulikan apakah pembaca merasa terbantu atau tidak. Meskipun tidak mengharapkan profit dari blog yang kamu buat, namun seyogyanya kamu berusaha untuk memberikan kontribusi secara maksimal.

 

Konsep blog seperti ini sangat banyak di jumpai, meski kebanyakan di kelola oleh sebuah yayasan atau lembaga nirlaba. Sebagai contoh, kamu pasti tahu Wikipedia kan..? Nah kurang lebih seperti itulah gambaran nya.

 

  • Membuat blog dengan tujuan sebagai sumber penghasilan

 

Saya yakin mayoritas orang membuat blog karena punya tujuan sebagai sumber penghasilan. Karena alasan ini juga yang membawa kamu masuk kesini untuk mencari tahu cara membuat-blog. Bettul..?

 

Perkembangan internet yang sedemikian pesatnya,membuat-blog mengalami revolusi fungsi. Ya pada awalnya blog di ciptakan sebagai wadah untuk menuliskan aktifitas keseharian atau diary digital. Setelah itu peran nya bergeser sebagai sarana berbagi informasi non profit untuk kemudian seiring waktu menjadi media atau cara mendapatkan uang dari internet.

 

Cakupan blog yang tidak di batasi letak geografis membuatnya lebih menarik di bandingkan media informasi konvensional seperti koran. Atas dasar itulah maka para pemilik produk melirik blog sebagai media promosi yang lebih efektif untuk mengenalkan produknya melalui iklan pada blog.

 

Berkaca dari kondisi itulah, orang lantas mulai berlomba lomba membuat-blog dengan satu orientasi utama yakni mendapatkan uang. Blog adalah sebuah bisnis yang sangat menjanjikan, dengan catatan di kelola secara profesional.

 

Kisah blogger sukses seperti  Linda Ikeji, Pete Cashmore dan juga Timon Adiyoso menjadi bukti nyata bahwa membuat-blog adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang sangat menggiurkan. Sampai di sini pastinya sudah paham tujuan Kamu Membuat Blog Untuk Apa.?

 

Selesai sudah pembahasan mengenai apa tujuan kamu membuat blog yang di mulai dari niat. Untuk seri ketiga akan saya sampaikan Point penting kedua yakni Kemauan untuk terus belajar meningkatkan kemampuan. Please wait and see U again..




 

 

 

 

 

 

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *