Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi

Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi
Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi, hemmmmhh..kedengaran nya kok terlalu berlebihan ya… Eiitss.. tunggu dulu, mungkin bisa jadi akan seperti itu kalo kita terpaku pada kata benda yang hanya sekedar kopi. Memang kehidupan ini tidak se simpel membuat secangkir kopi hingga siap kita nikmati.
Kehidupan ini begitu kompleks penuh dengan lika liku dan segala problematika nya yang menuntut kita untuk bertarung dengan mengerahkan semua potensi yang kita punya agar mampu mempertahankan keberadaan kita sebagai manusia.



Sahabat terakopi.com pernahkah kita mencoba untuk belajar Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi atau mungkin malah sudah banyak temen-temen yang menerapkan nya dalam keseharian nya. Apa yang ada di blog ini hanya sekilas bacaan ringan buat mengisi waktu luang teman teman. Baiklah sebelum lanjut baca ,sruput dulu kopi nya tuuh.. wuiiihh Coocookk…!
 

Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi

Kita semua sudah tentu mengenal kopi kan, iya kopi bukan hal yang asing bagi semua orang. Dari pelosok kampung sampai ke kota kosmopolitan bukan hal yang sulit untuk menjumpai kopi,dari anak anak sampai orang orang jompo sebagian besar juga pernah menikmatinya. Kopi tidak mengenal kasta,siapa aja bisa menikmatinya, tak peduli strata sosial mereka. Orang paling miskin di dunia ini pun tentu sudah pernah minum kopi meski mungkin hanya sekali saja dalam hidupnya.. mungkin lho ya.. hehehe.  

 

Ada banyak cara untuk bisa menikmati kopi mulai dari bikin sendiri di rumah entah itu pake gilingan kopi tradisional ato beli kopi sachetan yang di jual di warung sampai menikmati kopi termahal di kedai kedai kopi papan atas semisal Starbucks.




Pada garis besarnya ada 2 jenis utama kopi di dunia ini yakni Arabica dan Robusta meski ada juga yang menggolongkan menjadi 4 jenis termasuk kopi Liberika dan Kopi Luwak. Cara penyajian kopi yang berbeda menjadikan kita mengenal apa yang di sebut dengan Espresso, Lathe, Cappucino, Mochacino dan beberapa lagi.Itu hanyalah soal proses pengolahan dari biji kopi hingga menjadi kopi siap minum.

Bagaimana kita bisa Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi .?

Inti nya semua sama yaitu Kopi. Ada beberapa tahapan dari proses panen biji kopi,pengeringan,penggilingan hingga penyajian kopi menjadi sebuah minuman yang nikmat. Semua proses itu berjalan sesuai dengan prosedur baik menggunakan teknik yang baku maupun hanya berdasarkan kebiasaan yang udah di terapkan dari generasi pendahulu. Semua nya tentu saling berkaitan untuk bisa mendapatkan hasil akhir yang terbaik.



Lalu bagaimana kita bisa Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi .? Kopi entah apapun itu jenis dan namanya pasti mengalami proses yang panjang dari masih berupa biji yang di keringkan dengan panas,mengalami benturan keras dengan di tumbuk dan di giling hingga merubah bentuk dari biji menjadi bubuk yang sangat halus dan lembut. 

Proses belum berakhir sampai di sini saja,masih ada tahapan yang harus dilewati. Bubuk yang halus dan lembut itu masih merasakan panas yang luar biasa saat di rebus dalam air hingga mencapai titik didih 100 derajat celcius. Setelah itu semua di lalui mulai lah tercium aroma khas nya yang begitu menggoda.

 

Siapa pun tertarik untuk mereguk nya, mencicipi rasa nya yang begitu nikmat dan mantap , membuat para penikmat nya menjadi kecanduan akan sensasi aroma dan rasa nya. Semakin panas air nya, maka akan semakin mantap cita rasa yang di hasilkan. 

Tetap tegar, sekeras dan sepahit apapun ujian yang datang

Ada kalanya kopi di campurkan dengan bahan bahan lain untuk menambah kenikmatan nya semisal gula,susu,coklat dan vanila. Namun itu semua hanyalah pelengkap, Kopi lah yang tetap paling mendominasi rasa dan aroma nya. Begitu pun saat di sajikan dalam wadah dari bahan yang berbeda beda,bisa dari gelas kaca,porselen,melamin,dari tanah tembikar sekalipun tidak ada yang berpengaruh secara frontal terhadap rasa Kopi yang mantap .

Belajar dari proses yang di lalui kopi dari panen sampai menjadi minuman nan nikmat ini lah kita bisa Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi . Kehidupan yang kita jalani tak ubahnya seperti itu, terkadang ada begitu banyak halangan,cobaan maupun ujian yang datang bertubi tubi menghampiri kita, memaksa kita untuk tetap tegar, sekeras dan sepahit apapun ujian yang datang. 

Manusia yang lebih berkualitas

Dengan memaksimalkan semua potensi yang ada dalam diri kita,dengan keikhlasan dan keyakinan bahwa itu semua adalah proses yang mesti kita lalui agar kita mampu melewati semua nya, niscaya kita akan memenangkan pertarungan untuk menjadi yang terbaik, membuktikan eksistensi kita sebagai manusia yang lebih berkualitas dari sebelumnya. 

 

Bahkan di tengah tengah kehidupan bermasyarakat dengan berbagai macam karakter masing masing individu yang beragam, kita tetap mampu menjadi diri kita sendiri, tak mudah hanyut mengikuti arus. Kita lah yang harus berperan sebagai aktor utama yang mampu menggerakkan potensi yang ada, dalam hal positif tentunya.Seperti hal nya kopi yang tak kan pernah kehilangan rasa dan aroma khasnya yang mantap meskipun di sajikan dalam wadah yang berbeda. 

 

Sahabat terakopi.com seperti itulah kita Memaknai Hidup Dari Secangkir Kopi . Kita pasti bisa beradaptasi dengan lebih baik menghadapi lingkungan seperti apapun tanpa harus kehilangan jati diri kita yang sesungguhnya, tidak pernah merasa lelah untuk terus menebarkan kebajikan dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Harum mewangi seperti hal nya aroma secangkir kopi panas yang sedang kalian seruput saat ini… Hemmmhhh… Coocookk..!


Just secuil intermezzo ..


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *