Manfaat Internet Bagi Peradaban Kolong Langit

Manfaat Internet

Salah satu produk teknologi yang paling mengagumkan saat ini adalah internet. Kita semua pastinya setuju, dunia begitu cepat berubah sejak di gunakan nya internet dalam berbagai bidang kehidupan. Manfaat internet memang sangat luar biasa, keberadaan nya pun sudah menjadi kebutuhan primer ke empat, setelah kebutuhan akan pangan, sandang dan papan.

 

Internet itu sendiri merupakan akronim dari Interconnection Networking.  Bisa di artikan sebagai sebuah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer di seluruh dunia.

 

Jaringan komputer yang terdiri dari platform dan jenis yang berbeda itu terhubung melalui sebuah standar sistem  yang di sebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol ( TCP / IP ). Departemen Pertahanan Amerika Serikat adalah pihak yang pertama kali merancang jaringan internet melalui sebuah proyek yang di sebut ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network ) pada tahun 1969 silam.

 

Meski pada awalnya internet di tujukan untuk kepentingan militer, namun dalam perkembangan nya penggunaan internet semakin meluas ke berbagai bidang. Sebagai pengguna, kita tentu patut bersyukur bisa merasakan manfaat internet dalam kehidupan kita sehari hari.



Apa saja manfaat internet dalam kehidupan modern sekarang ini..?

 

Pasti nya banyak sekali dan akan terus bertambah seiring perkembangan internet itu sendiri. Setidaknya dengan adanya internet, kita bisa lebih menikmati hidup dengan berbagai kemudahan yang ini.

 

Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan

Melalui internet kita bisa memperluas wawasan dan bermacam pengetahuan baru yang sebelumnya masih asing bagi kita. Cukup dari balik meja melalui komputer atau smartphone yang terhubung dengan jaringan internet, kita sudah bisa berselancar pergi ke berbagai tempat di seluruh penjuru dunia.

 

Hal yang tidak mungkin bisa kita lakukan puluhan tahun yang lalu, sebelum hadirnya internet. Jutaan informasi dan ilmu pengetahuan bisa kita akses dari internet hanya dengan berbekal kuota yang dari hari kehari semakin murah.

 

Ada banyak situs website yang membantu kita belajar tentang banyak hal. Apapun yang kamu inginkan bisa di pastikan ada di internet. Cukup dengan menuliskan satu kata kunci terkait saja, maka semua informasi akan terbuka untuk mu.

 

Mulai dari resep masakan, info kesehatan, adat istiadat dan tempat indah dari seluruh dunia hingga teknologi terbaru, bisa kamu dapatkan hanya dalam kejapan mata saja. Manfaat internet bisa di rasakan oleh semua kalangan, dari anak SD hingga kakek kakek, dari (maaf ) pemulung hingga presiden sekalipun, selama tersedia jaringan internet.

 

Mempermudah komunikasi

Manfaat internet selanjutnya adalah mempermudah komunikasi. Bayangkan saja, dulu orang harus berkirim surat atau paling banter telegram saat ingin bertukar kabar dengan kerabat yang terpisah oleh jarak geografis.

 

Bandingkan kondisi jaman dulu sama sekarang. Kehadiran internet membuat komunikasi semakin mudah, cepat dan murah.

 

Kamu nggak perlu repot menulis surat,beli prangko dan pergi ke kantor pos. Cukup dengan smartphone di genggaman lantas chating via WhatsApp, update status di Facebook, nampang di Instagram.

 

Bukan sekedar tulisan, kecanggihan internet memungkinkan pengguna nya untuk bertatap muka langsung via fitur video call. Hemmm..benar benar bikin hidup kamu lebih berwarna bukan..?

 

 

Belanja semakin nyaman

Menghadirkan konsep belanja yang semakin mudah dan nyaman adalah manfaat internet yang tak bisa kita pungkiri.

 

Lihatlah bagaimana situs belanja online tumbuh bak cendawan di musim hujan. Tokopedia,Lazada, Bukalapak adalah contoh betapa hebatnya manfaat internet dalam merubah konsep jual beli konvensional.

 

Kini hampir semua anak muda memanfaatkan internet sebagai sarana jual beli. Platform media sosial terutama Instagram menjadi media yang paling ampuh untuk mendongkrak profit bisnis online mereka.

 

Sarana hiburan

Kehadiran internet dan manfaat nya yang luar biasa juga merambah dunia hiburan. Generasi jaman now begitu di manjakan dengan aneka macam hiburan yang hadir berkat keberadaan internet.

 

Puluhan tahun lalu media hiburan paling keren hanyalah pesawat televisi atau radio. Bandingkan dengan sekarang, pasti jauh berbeda bukan..? Ketika ingin melihat sebuah film, kamu tak perlu lagi mengantri di bioskop atau menunggu jadwal Layar Emas RCTI seperti masa masa kecil saya dulu 😀

 

Dengan bermodalkan kuota internet, kamu sudah bisa menikmati ribuan judul film favorit melalui aplikasi seperti Iflix, Hooq , Viu dan juga You Tube. Berbagai video menarik yang di unggah dari seluruh dunia bisa kamu saksikan, tanpa harus keluar rumah.

 

Manfaat internet sebagai hiburan lain nya adalah munculnya aplikasi game game online baik versi mobile maupun PC. Berkat internet pula kamu bisa melepas penat sekaligus menyalurkan hobi dengan ber karaoke ria, emmmhh pasti udah familiar banget dong siapa artis Smule Indonesia 😀 .

 

Cara mendapatkan uang

Kalo yang satu ini sudah  pasti banyak yang pengen. Secara kamu bisa memanfaatkan internet sebagai cara mendapatkan uang. Bukan hanya sekedar seribu dua ribu perak, tapi kamu bisa mendapatkan uang berlimpah hingga ratusan juta bahkan tak terhingga dari internet.

 

Google, Alibaba , Amazon adalah contoh nyata perusahaan yang mampu mengeruk keuntungan hingga ribuan trilyun rupiah, berkat bisnis nya yang tak lepas dari dunia internet. Bukan hanya mereka yang bisa, kamu pun bisa merasakan manfaat internet sebagai jalan mendapatkan uang.

 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Kamu bisa membaca nya dalam artikel yang saya buat beberapa waktu lalu ini.

 

 

Menjadi kreator video You Tube, Blogger, Developer Aplikasi Android dan masih banyak lagi cara yang bisa kamu lakukan. Jika kamu jeli membaca peluang, seharusnya kamu bisa menjadi orang kaya baru. Ya sekali lagi itu berkat adanya internet, andai saja kamu hidup di jaman Majapahit mana mungkin bisa merasakan manfaat internet yang luar biasa ini, hehee.

 

Kesimpulan nya :

Sebagai sebuah teknologi, tentu saja ada dua mata sisi yang menyertai keberadaan internet. Jika bisa menggunakan nya secara bijak, maka kita bisa merasakan manfaat internet yang positif.

 

Sebalik nya, internet juga bisa menjadi penghancur kehidupan seseorang, manakala pengguna nya tidak bisa mengendalikan hawa nafsu dan keserakahan. So pilihan ada di tangan kamu.. 😀

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *