Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

Kunci Utama Meraup Profit Sebagai Event Organizer

Banyak dari kita yang sebenarnya berpotensi meraup profit sebagai Event Organizer. Seperti bisnis pada umumnya, tidak ada satu pun kesuksesan yang bisa di raih dalam waktu satu malam. Semua butuh proses panjang, perjuangan dan kerja keras.

 

Begitu juga dalam menekuni bisnis Event Organizer. Tidak semudah membalik telapak tangan memang, tapi juga tidak serumit yang kita takutkan. Rumus pertama nya adalah niat dan kemauan, selanjutnya akan kita kupas beberapa point penting yang menjadi Kunci Utama Meraup Profit Sebagai Event Organizer.

 

Wawasan dan pengalaman yang mumpuni

 

Terjun dalam bisnis Event Organizer tanpa wawasan dan pengalaman yang mumpuni, sama saja kita berjudi atau lebih parah lagi, bunuh diri. Bukan bermaksud memadamkan semangat kamu, namun kita harus tetap realistis juga kan..?

 

Dalam ruang lingkup terbatas, kita pasti pernah bersinggungan atau terlibat secara langsung sebagai panitia sebuah kegiatan. Panitia ulang tahun sekolah , lomba 17 an di kampung atau panitia pesta pernikahan tetangga misalnya. Di sadari atau tidak itu menjadi modal dasar dan hanya butuh sedikit polesan saja.

 

Wawasan dan pengalaman yang mumpuni tentang seluk beluk Event Organizer bisa kita asah dengan cara magang pada sebuah perusahaan Event Organizer. Meski tidak banyak, namun pasti ada kok Event Organizer yang memberikan kesempatan untuk magang.

 

Dengan bergabung di dalamnya , maka kita akan mendapatkan gambaran tentang seluk beluk Event Organizer. Mengetahui prosesnya dari awal perencanaan hingga teknis pelaksanaan ,dan pastinya mampu mengambil keputusan yang tepat saat di hadapkan pada kendala yang di hadapi.

 

Membangun team kreatif yang solid

 

Kreatifitas dan ide ide cemerlang sangat di butuhkan sebagai Event Organizer. Bisa di ibaratkan inilah ruh atau inti dari bisnis ini. Event Organizer merupakan sebuah bisnis yang kompleks, berurusan dengan banyak hal yang saling menunjang. Tentunya kita tidak bisa menghandle nya seorang diri, membangun team kreatif yang solid menjadi sebuah keharusan.

 

Kreatifitas yang tinggi dalam mengemas konten acara sangat di butuhkan agar ada penyegaran. Kalau cuma monoton itu itu saja ya jelas klien akan bosan dan berpikir ribuan kali menggunakan jasa Event Organizer kita. Ide ide kreatif bisa di pertajam dengan mencari referensi baik offline maupun online, lalu lakukan sedikit modifikasi.

 

Sebaik apapun ide yang kita punya, sehebat apapun kreatifitas yang ada hanya sia sia belaka kalo team tidak solid. Di butuhkan kerjasama dan koordinasi yang baik dalam team. Masing masing personil harus punya job desk yang jelas dan bertanggung jawab penuh.

 

Relasi yang luas



Seperti yang sudah di singgung, Event Organizer itu merupakan sebuah bisnis yang kompleks. Kita ambil contoh Event Organizer Festival Seni. Di sini kita harus menyiapkan berbagai hal menyangkut perijinan , konten acara, panggung , sound sistem , sewa gedung , promosi dan masih banyak lagi.

 

Relasi yang luas sangat di butuhkan, karena kita tidak mungkin menyediakan semua sarana itu sendiri. Ada beberapa yang harus kita sewa dari pihak ketiga atau mitra kerja. Nah di sinilah kita butuh membangun jaringan relasi seluas luasnya, untuk mempermudah langkah kita.

 

Yang lagi hot :

Heboh Aset Mewah Bos First Travel

 

Jaringan relasi yang luas juga menjadi point plus sebagai media promosi. Meski saat ini era nya digital, dimana promosi bisa di lakukan melalui sosial media, namun kita tidak boleh melupakan satu hal. Kedekatan secara personal itu terkadang lebih ampuh untuk merayu klien maupun mitra kerja.

 

Modal awal yang cukup

 

Modal awal yang cukup menjadi syarat untuk memulai bisnis ini. Betul , modal bukanlah jaminan untuk kesuksesan sebuah usaha. namun tanpa adanya modal sebagai biaya operasional apa yang bisa kita lakukan. Untuk membangun bisnis Event Organizer , kita tentu butuh badan usaha yang legal ,bisa berbentuk PT atau CV.

 

Di butuhkan dana yang lumayan untuk mengurus perijinan dan menutup biaya operasional lain nya. Di perlukan kalkulasi yang cermat dalam menentukan Break Event Point atau titik balik modal agar terhindar dari kerugian.

 

Jika kita benar benar menerapkan Kunci Utama Meraup Profit Sebagai Event Organizer di atas, bukan sebuah hal yang mustahil suatu hari nanti ada satu atau syukur semua yang membaca artikel ini berhasil menjadi seorang pebisnis kondang Event Organizer tingkat nasional bahkan internasional. Semoga…

 

 

 

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *