Kopi Dari Etiopia Hingga Starbucks

Kopi Dari Etiopia Hingga Starbucks Banyak penikmat kopi yang mungkin belum tahu sejak kapan sih minum kopi menjadi sebuah kebiasaan. Oke pren sekedar berbagi aja,paling ngga kita bisa tahu perjalanan kopi dari masa ke masa,sejak jaman baheula sampai sekarang ini nyampe di depan temen temen, dengan aroma khasnya yang begitu menggoda,menanti untuk di seruput..srrrrruupp…gleek gleekk…hemmm..mantaaapp..!! 

Kopi mulai dikenal sebagai minuman yang berkhasiat dan meningkatkan energi bagi yang mengkonsumsinya oleh bangsa Etiopia, sebuah negara yang kini terletak di kawasan Afrika bagian timur, sekitar tahun 1000 SM ato kurang lebih 3000 silam. Ada satu cerita unik yang berkaitan dengan ketertarikan manusia pada kopi,  bermula dari sekawanan kambing yang nggak bisa tidur semalaman ,setelah usut punya usut ternyata sang penggembala menemukan fakta bahwa kawanan kambing itu  memakan biji kopi marah yang banyak tumbuh liar di daerah tersebut. Berawal dari situ orang mulai  meniru apa yang dilakukan kambing kambing dan membuktikan kalo hal yang sama pun terjadi setelah mereka mengkonsumsi kopi. He..he.. tau bener apa ngga nih cerita,masak pinteran kambing nya timbang orang nya…  

Sejak saat itu untuk pertama kalinya bangsa Etiopia mulai mencoba membudidayakan kopi dengan menanam biji kopi  asli yang di tanam pada dataran tinggi. Cerita tentang khasiat kopi ini pun berlanjut ketika bangsa Arab mulai mengenal tentang kopi dan perdagangan  biji kopi pun  meluas sampai ke Afrika Utara. di sana biji kopi  mulai ditanam secara massal,  dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai menyebar ke Asia hingga sampai akhirnya semakin di kenal di pasaran Eropa. Perlahan kopi memulai ketenarannya sebagai minuman yang berkhasiat dan menjadi salah satu minuman paling dikenal di dunia setelah air putih.

Berikut perjalanan kopi dari catatan singkat yang ada tentang kopi :
  • Dimulai kurang lebih tahun 1000 SM, Kopi mulai dikenal oleh suku Galla di Afrika Timur dan mulai di tanam di daerah dataran tinggi di pelosok Ethopia.
  •  Berlanjut ke sekitar tahun 700-1000 M, Kopi dikenal pertama kali oleh bangsa Arab sebagai minuman energi yang bisa membantu untuk terjaga dari rasa kantuk. Penyebaran kopi pada saat itu dimulai  bersamaan dengan penyebaran agama Islam oleh para pedagang Arab,sumber kopi yang pertama kalinya adalah di Mocha salah satu daerah di Yaman. Sekitar tahun 1000 M seorang ilmuwan besar muslim Ibnu Sina mulai menyelidiki tentang zat kimiawi yang terkandung dalam biji kopi, hasil penelitiannya  merupakan dokumen pertama yang diketahui membedah kopi dari ilmu kedokteran dan kesehatan.
  • 1400 M Penyebaran kopi dan kedai kopi mulai pesat di jazirah Arab, terutama di kota Mekkah dan Madinah
  • 1453 M Kopi diperkenalkan di Konstantinopel oleh bangsa Turki (kekhalifahan Ottoman). Kedai kopi yang pertama kali tercatat di sana bernama Kiva Han dibuka tahun 1475. 

Periode Tahun 1600-1700  Dari Paus Clement Hingga Kedai Kopi Pertama di New York

  •  1600 M , Paus Clement VIII sebagai pemimpin Katholik menegaskan untuk mempertimbangkan bahwa minum kopi merupakan sebuah kebudayaan dari luar yang dapat mengancam, karena itu berdosa bagi yang umat yang meminum kopi. Namun tak lama kemudian akhirnya  ia mengizinkan jika minuman kopi merupakan menjadi minuman yang halal bagi seorang Katholik. Pada tahun itu juga, kopi dibawa dari Mekkah ke jazirah India oleh seseorang yang bernama Baba Budan ketika pulang haji dari Mekkah.
  • 1616 M Kopi dibawa dari kota Mocha di Yaman ke negeri Belanda
  • 1645 M sebuah kedai kopi untuk pertama kalinya dibuka di kota Venice, Italia
  • 1650 M Kedai kopi pertama dibuka di negeri Kristen (Christendom) tepatnya di kota Oxford
  • 1658 M Belanda mulai membuka perkebunan kopi pertama mereka di Ceylon Srilanka
  • 1668 M sebuah kedai kopi yang diberi nama Edward Lloyd’s dibuka di kota London, Inggris dan berawal dari kedai kopi inilah kemudian Edward membuka perusahaan asuransi paling terkemuka di dunia Lloyd of London Insurance.
  • 1668 M Kopi mulai merambah ke benua Amerika dan dikenal luas terutama di Amerika Utara.
  • 1669 M Kedai kopi dikenalkan di Paris oleh duta besar Turki kepada raja Louis XIV.
  • 1670 M budaya minum kopi semakin pesat di kota London,warga kota mulai kecanduan  kopi dan hampir di setiap sudut kota London dapat dengan mudah ditemukan kedai kopi. Di waktu yang hampir bersamaan kopi mulai diperkenalkan di Jerman. Di Brasilia, penanaman kopi pun di mulai. Jenis kopi yang ditanam pada saat itu adalah biji kopi jenis  Coffea Arabica Lind.
  • 1674 M Petisi Perempuan menentang kopi dikeluarkan di London.
  • 1675 M Raja Inggris ,Charles II mengeluarkan sebuah kebijakan kontroversial dengan menutup seluruh kedai kopi di London, hal ini di dasari atas tuduhan bahwa kedai kopi merupakan tempat berkumpul untuk melakukan rencana makar.
  • 1679 M Ahli kimia di Marseilles, Prancis memberikan kesaksian bahwa zat yang terkandung dalam kopi merusak dan membahayakan kesehatan.
  • 1679 M Warga kota Hamburg, Jerman mulai terbiasa menghabiskan waktu untuk menikmati kopi dengan di bukanya kedai kopi pertama di kota tersebut.
  • 1688 M tercatat lebih dari 800 kedai kopi dibuka di daerah Soho ,Inggris. Kedai kopi ini banyak di dirikan terutama oleh pelarian Kristen Calvinis dari Prancis atau lebih dikenal dengan kaum Huguenots.
  • 1689 M  Café atau kedai kopi khas Perancis di buka untuk pertama kalinya, kedai itu bernama Café de Procope. Kedai kopi itu berdiri meski di tengah suasana krisis setelah pengumuman kopi merusak kesehatan yang merupakan pernyataan dari ahli kimia di kota Marseilles.
  • 1696 M , Amerika mulai mengenal Kedai kopi pertama mereka bernama The King’s Arms yang dibuka di kota New York.

 Antara Kopi dan Bir , Sebuah Ketakutan Bangsa Jerman

  • Di Indonesia kopi mulai di perkenalkan oleh seorang warga negara Belanda bernama Zwaardecroon yang membawa beberapa benih tanaman kopi dari Mekkah ke kota Bogor ,Jawa Barat,sejak saat itu kopi mulai berkembang  menjadi tanaman komoditas terpenting di Hindia Belanda.Di tahun 1706 M Kopi yang ditanam di Bogor Jawa di bawa untuk diteliti di Amsterdam, Belanda.
  • 1714 M Kopi dari Jawa yang merupakan hasil penelitian di Amsterdam oleh Belanda diperkenalkan dan ditanam di Jardin des Plantes oleh raja Prancis Louis XIV. di tahun 1720  Kedai kopi Florian bertahan buka di Florence.
  • 1723 M seorang yang bernama Gabriel du Clieu membawa biji kopi dari Prancis ke Martinique.
  • 1727 M Francisco de Mello membawa biji kopi dari Prancis untuk ditanam di Brazil.
  • 1730 M Inggris menanam kopi di Jamaica.
  • 1732 M ,komponis Johann Sebastian Bach membuat komposisi Coffee Cantata, di kota Leipzig. Kantata ini menggambarkan perjalanan spiritual yang juga merupakan sebuah  parodi atas ketakutan orang -orang Jerman terhadap pesatnya popularitas kopi di Jerman, dimana pada saat itu mayoritas bangsa Jerman adalah penggemar bir.
  • 1777 M Raja Jerman atau kekaisaran Prussia mengumumkan kritikan dan pelarangan atas kopi, dan mengumumkan bir sebagai minuman nasional Jerman Raya.
  • 1790 M Kedai kopi awal khas British menghilang perlahan tergantikan oleh kedai bir.

 Kopi Espresso Dan Pesatnya Pertumbuhan Cafe  Pada Pertengahan Abad 19

  • 1802 Masehi,  Cafe digunakan sebagai kata yang menunjukkan tempat mulai diperkenalkan di Inggris dimana sebelumnya lebih dikenal dengan coffee house. Kata ini berasal dari kata Prancis ‘eafé’ dan hampir seakar dengan bahasa Italia ‘caffe’. Café menunjukan sebuah tempat yang merupakan restoran dengan menu utama minuman kopi.
  • Tahun 1809  Kopi impor dari Brazil untuk pertama kalinya memasuki pasar Amerika di Salem , Massasuchet.
  • 1820 kandungan zat Caffeine dalam minuman kopi ditemukan berbarengan oleh penelitian berbeda  oleh tiga orang peneliti yang melakukan penelitian kopi secara terpisah.
  • 1822 sebuah prototipe  dari sebuah mesin kopi espresso dibuat di Prancis.
  • Tahun 1839  Kata ‘Cafetaria’ diperkenalkan merujuk pada sebuah tempat yang digunakan untuk minum kopi, kata itu merupakan sebuah kata gabungan dari Meksiko, Spanyol dan Inggris.
  • 1859 Masehi ,Michael Thonet’s Vienna Café chair No. 14 ,istilah untuk bangku kedai kopi khusus diperkenalkan pertama kali sebagai bangku yang cocok digunakan sambil menikmati kopi.
  • 1869 M ,jamur yang menyerang tanaman kopi yang dikenal dengan  Cofee leaf rust  pertama kali diketemukan di Srilanka dan tanaman kopi di Asia.
  • 1873 , Kopi dalam kemasan mulai diperkenalkan secara luas untuk pertama kali di Amerika oleh John Arbukle.
  • 1882 ,Untuk mewadahi perdagangan kopi  dibentuk The New York Coffee Exchange  di kota New York, Amerika Serikat.
  • 1869 ,suatu penyakit jamur mulai merebak di seluruh Asia yang menyebabkan kerusakan  kopi yang berjenis Coffea Arabica Lind. Pada waktu itu kopi jenis ini yang paling banyak ditanam di daratan Asia. Hingga pada tahun ini orang mulai beralih  menanam bermacam-macam jenis kopi yang banyak terdapat di daerah Congo.
  • Tahun 1904 M ,sebuah mesin espresso dibuat modern oleh Fernando Illy.
  • 1906  Brazil menaikkan harga kopi setelah menciptakan harga (kurs) tetap untuk komoditas kopi.
  • 1910 M ,Jerman membuat kopi decaf (pengurangan zat caffein pada kopi seminimal mungkin) dan diperkenalkan ke Amerika dengan nama Dekafa.
  • Tahun 1911 para pedagang kopi di Amerika membentuk sebuah wadah Asosiasi Kopi Nasional.
  • 1915 , sebuah bahan yang dikenal dengan Pyrex ditemukan. Bahan ini pertama kali dipakai sebagai lampu penerangan terutama di perusahaan kereta api sebagai penutup lampu yang tahan panas dan cuaca ataupun benturan fisik. Penggunaan nya pun mulai meluas  sebagai material untuk peralatan dapur, sebagai pengganti kaca. Kedai kopi menggunakan pyrex sebagai gelas tahan panas.
  • 1920 M Kedai kopi baru mengalami pertumbuhan yang sangat pesat di Amerika.
  • 1925 , Vienna Café chair No. 14 diikutkan dalam pameran L’esprit Nouveau di Perancis oleh Le Corbusier. Sampai tahun 1933 bangku model ini diproduksi lebih dari 50 juta buah.
  • 1927 , sebuah mesin kopi espresso pertama kali diperkenalkan di Amerika. Kedai kopi pertama yang memakai mesin kopi ini adalah ‘La Pavoni’ di kota New York. Mesin ini didesain khusus oleh arsitek ternama Italia Gio Ponti.
  • 1928 , Federasi Kopi Kolumbia dibentuk.
  • 1930-1944 ,dalam kurun waktu ini  Pemerintah Brazil memusnahkan kurang lebih  78 juta kantong kopi untuk menstabilkan harga kopi di pasar nasional.
  • 1938 , Inovasi baru untuk mesin espreso di buat oleh Cremonesi ,alat ini berupa sebuah  pompa piston yang dapat menyemprotkan air panas dengan keepatan tinggi untuk menyeduh kopi.
  • 1938 ,ditahun ini Nestle mulai membuat apa yang dikenal dengan kopi instan di Brazil, hingga saat ini perusahaan Nestle merupakan penghasil kopi instan terbesar di dunia.
  • 1939-1945  , dalam perang Dunia Ke II , pasukan Amerika Serikat membawa kopi instan dalam perang dan memperkenalkannya ke seluruh dunia.
  • 1942 , di tengah situasi yang tidak stabil akibat perang, kopi menjadi barang langka yang disimpan secara sembunyi sembunyi. Di Inggris pada masa ini kopi dijatah pada jumlah tertentu.
  • 1946 , Pabrik Gaggia memproduksi sebuah mesin Capucinno secara komersial untuk pertama kali. Kata Capucinno berasal dari warna jubah pendeta Capucin sebuah aliran Francisian di tahun 1529.
  • 1948 , Achille Gaggia menciptakan  mesin kopi espresso secara massal di kota Milan , Italia. Mesin buatan Gaggia ini mulai di impor ke Inggris pada tahun 1952. Pada tahun ini pula sebuah kedai kopi di buka kembali setelah perang dunia kedua untuk pertama kali nya di kota London. di tahun 1953 ,Bar Espresso menyebar di seluruh Soho. Yang pertama kali adalah Mocha di jalan 29 Frith Street.
  • 1954 , aturan yang membatasi kepemilikan sejumlah komoditi,termasuk di dalamnya  kopi, berakhir dengan berakhirnya masa transisi perang dunia kedua.
  • 1957 , Catherine Uttley mendaftar ada kurang lebih 200 bar kopi di London. Semakin pesat di tahun 1960, Bar kopi yang tercatat bertambah dua kali lipat dari 1.000 menjadi 2.000 buah di seluruh Inggris, terbanyak di kota London,sekitar 500 buah.
  • 1962 , Tahun ini merupakan  puncak dari konsumsi kopi per kapita Amerika Serikat, rata rata menghabiskan 3 cangkir kopi per orang per hari.
  • 1962 , di buat sebuah  Perjanjian Internasional mengenai perdagangan kopi yang bertujuan untuk mengontrol harga kopi di pasar internasional.
  • 1964 , di Inggris keberadaan  bar kopi mulai mengalami masa surut dan banyak tergantikan oleh restoran dengan berbagai hidangan.
  • 1970 ,Mokha café tutup setelah di komplain sinis oleh seorang penulis Amerika bernama  William S Burrough.
  • 1971 , merupakan tahun awal beroperasinya kedai kopi pertama Starbuck yang dibuka   di kota Seattle ,Amerika Serikat.
  • 1973 , Fair Trade Coffee untuk pertama kali nya mulai di impor dari Guatemala ke Eropa.
  • 1975 ,Brazil menderita karena gagal panen hingga harga kopi dunia meroket.
  • 1989 , Perjanjian Kopi Internasional yang telah di buat sebelumnya di tahun 1962 gagal menstabilkan harga. Dalam sejarah perdagangan kopi tercatat harga kopi di pasaran turun hingga ke tingkat harga yang paling rendah.
  • 1990 ,Beberapa kedai kopi tutup karena aturan penataan ruang kota di Inggris. di  tahun ini mulai diperkenalkan Kopi oganik yang menjadi primadona baru di pasar kopi dunia.
  • 1998 , Perkembangan kedai Starbuck begitu pesat hingga tahun ini di Amerika saja mencapai sekitar 2.000 gerai kopi Starbuck, total di seluruh dunia  Starbuck memiliki 5.715 gerai. Sedangkan di Indonesia telah dibuka sebanyak 11 gerai. Hingga saat ini Starbuck berhasil memposisikan diri sebagai kedai kopi dengan jaringan terbesar di seluruh dunia.
Demikian yang bisa ane bagikan pada sobat penikmat kopi tentang perjalanan Kopi Dari Etiopia Hingga Starbucks , di ambil dari berbagai sumber. Semoga sedikit bermanfaat menambah pengetahuan kita semua tentang Kopi..  
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *