Inilah 5 Situs Jual Beli Online Terbesar Di Dunia

Inilah 5 Situs Jual Beli Online Terbesar Di Dunia

Jual beli merupakan aktifitas yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan sehari hari. Seiring  perubahan jaman, bentuk jual beli terus menerus mengalami perkembangan. Dalam pelajaran sekolah kita mengenal barter sebagai bentuk awal jual beli yang masih sangat primitif  hingga menjelma menjadi jual beli online di abad internet ini.

 

Kecanggihan teknologi terutama internet, semakin memudahkan kita dalam kegiatan jual beli. Dulu pedagang dan pembeli harus bertemu fisik langsung ketika akan bertransaksi. Namun sekarang ini dari dalam kamar pun kita bisa menjual atau membeli sebuah produk, hanya dengan bermodalkan koneksi internet.

 

Selain koneksi internet yang menjadi kunci utama, ada satu hal vital lain nya yang ikut mendorong pesatnya pertumbuhan jual beli online. Menjamur nya situs situs jual beli online baik dalam bentuk toko maupun marketplace adalah jawaban nya.

 

Saat ini ada puluhan atau bahkan ratusan marketplace di seluruh dunia. Semua bersaing memikat hati konsumen agar tertarik membelanjakan uang nya di situs mereka. Sebagian dari mereka mampu mendominasi pasar dengan kapitalisasi yang luar biasa. Anda pasti tidak asing lagi dengan nama nama seperti Amazon, eBay , Wal-Mart , Alibaba dan Rakuten. Ya mereka inilah 5 situs jual beli online terbesar di dunia saat ini beragam produk dan jutaan transaksi per hari nya.

 

Untuk mengenal lebih jauh tentang mereka, terakopi.com akan merangkum nya dalam sajian khusus untuk anda di bawah ini, monggo silahkan di baca sampai tuntas.

 

1.Amazon

Siapa yang tidak mengenal kebesaran Amazon.com, perusahaan yang bergerak di bidang penjualan online untuk berbagai macam produk ini adalah yang terbesar di dunia saat ini. Di dirikan dengan nama Cadabra pada tahun 1994 di kota Seattle Amerika Serikat, dan berubah nama menjadi sebuah situs online dengan nama Amazon.com setahun berikutnya. Penamaan ini ter inspirasi oleh nama sungai terbesar di dunia Amazon , yang juga merupakan nama prajurit wanita dalam mitologi Yunani Kuno.

 

Pada awalnya Amazon.com mengkhususkan pada penjualan buku secara online, lalu berkembang pada penjualan CD/DVD, MP3 , perangkat lunak, elektronik , makanan , mainan dan masih banyak lagi. Kebesaran Amazon memang tidak di ragukan lagi, tercatat 250 juta pengunjung baru ke situs ini setiap bulan nya.

 

Melihat tinggi nya jumlah pengunjung, bisa di pastikan berbanding lurus dengan besarnya deal transaksi di Amazon. Jangan heran jika pendiri dan sang CEO Amazon, Jeff Bezos adalah orang terkaya ke tiga di dunia saat ini berkat keuntungan yang di raup dari Amazon.com yang memiliki cabang di beberapa negara ini.

 

2. eBay

Situs jual beli yang berkonsep lelang ini di dirikan oleh Pierre Omidyar di kota San Jose, California pada tahun 1995. Pada awal nya merupakan situs pribadi yang di dedikasikan Pierre untuk memberikan sumbangsih nya terhadap penanganan virus Ebola yang mewabah di Afrika saat itu.

 

Semula berada di bawah firma konsultasi milik Pierre yang bernama Echo Bay Technology Group. Namun ketika dia mendaftar dengan domain EchoBay.com ternyata nama domain ini sudah di gunakan orang lain. Pierre pun akhirnya menyingkat menjadi eBay.com untuk nama situs nya ini.

 

Saat ini eBay memiliki cabang di 30 negara termasuk Indonesia. Kesuksesan eBay menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan di dunia untuk meniru konsep lelang dalam membangun situs mereka.

 

3.Wal-Mart

Jaringan toko ritel terbesar di Amerika Serikat  ini di dirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962. Sepuluh tahun kemudian mencatatkan sahamnya sebagai perusahaan publik di Bursa Saham New York pada tahun 1972.

 

Perusahaan ini pernah membuka toko nya di Supermal Karawaci pada tahun 1995 namun tutup 3 tahun kemudian, karena badai krisis moneter 1998.  Cabang Wal-Mart tersebar di beberapa negara seperti Argentina, Brazil ,Britania Raya ( dengan nama ASDA ) , Jepang ( Seiyu ) , Kanada , Mexico ( Walmex ) Puerto Rico dan di RRC.

 

Wal-Mart merupakan sumber pemasukan utama bagi keluarga Walton, yang mampu menghantarkan beberapa dari mereka masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

 

4. Alibaba

Perusahaan ini di dirikan oleh Jack Ma ,seorang guru bahasa Inggris di kota Hangzhou China. Alibaba adalah raksasa perdagangan online di China yang saling berebut posisi dengan Amazon di tingkat global.

 

Perjalanan Alibaba hingga menjadi salah satu perusahaan raksasa di dunia tidaklah mudah. Jack Ma benar benar menbangun nya dari nol. Konsep utama Alibaba adalah menjembatani para pelaku usaha kecil dan menengah di China dalam memasarkan produk mereka di Alibaba.com.

 

Sang pendiri Alibaba, Jack Ma adalah contoh nyata seorang pekerja yang ulet, berjiwa sosial tinggi.  Kisahnya memberi inspirasi bagi banyak orang di dunia. Salah satu strategi Alibaba untuk menjadi penguasa marketplace global adalah dengan membeli Lazada Asia Tenggara, yang mencakup Indonesia, Vietnam dan Malaysia.

 

Baca Kisah Inspiratif nya Jack Ma Milyuner Dunia Pemilik Alibaba Semakin Menggila

5.  Rakuten

Perusahaan ini dirikan dengan nama MDM.Inc oleh Hiroshi Mikitani pada bulan Februari 1997 di Tokyo Jepang. Berselang dua tahun berikut nya Juni 1999 ,perusahaan ini berganti nama menjadi Rakuten Inc yang dalam bahasa Jepang bermakna optimisme.

 

Rakuten merupakan perusahaan retail online terbesar di Jepang yang terus merangsek memperluas pasarnya ke berbagai negara. Untuk membendung laju para kompetitornya Rakuten Inc banyak melakukan pembelian atau akuisisi. Diantaranya Buy.com yang kini menjadi Rakuten Amerika Serikat, Price Minister ( Rakuten Perancis ) , Ikeda di Brazil dan Tradoria di Jerman.

 

Selain bisnis inti di bidang online retail, Rakuten juga membeli situs Pinterest senilai $ 100 juta dollar pada tahun 2005. Hal ini di maksudkan untuk memperkuat bisnis mereka. Sayangnya kesuksesan Rakuten tidak berlaku di Asia Tenggara, ketatnya kompetisi membuat Rakuten hengkang dan menutup cabangnya di Indonesia, Malaysia dan Singapura sejak tahun 2016 kemarin.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *