Inilah Wisma BNI 46 Gedung Tertinggi di Indonesia Selama 19 Tahun

Wisma BNI 46 gedung-tertinggi-di-indonesia

Buat kamu yang tinggal di kota Jakarta pasti sudah tidak asing dengan desain unik gedung-tertinggi-di-Indonesia ini. Gedung tersebut adalah Wisma BNI 46 yang merupakan Kantor Pusat dari Bank Negara Indonesia 1946. Asal kamu tahu, Wisma BNI 46 adalah gedung-tertinggi-di-indonesia sekaligus pencakar langit pertama yang ada di negara kita.

 

 

Gedung yang menjadi salah satu ikon kota Jakarta ini selesai di bangun pada tahun 1996 silam. Desain nya yang unik seperti pena dengan arsitektur modern, merupakan karya arsitek terkemuka dunia, Zeidler Roberts Partnership dan DP Architect Private Ltd.

 

Pada saat itu perekonomian Indonesia memang sedang tumbuh dengan pesatnya. Kondisi itu tentu  memungkinkan untuk membangun gedung gedung tinggi,  meski membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

 

Wisma BNI 46 memiliki ketinggian 262 meter

 

Jika di ukur dari dasar hingga puncak antena, Wisma BNI 46 memiliki ketinggian 262 meter. Terdiri dari 46 lantai yang lengkapi dengan 24 elevator sehingga  mempermudah mobilisasi di dalam bangunan yang pernah menjadi gedung-tertinggi-di-Indonesia itu.




Wisma BNI 46 menempati lahan seluas 15 hektar di kawasan pusat bisnis Jakarta, atau tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Kav.1 Jakarta Pusat. Letak nya yang sangat strategis tentu saja membuat tingkat hunian gedung ini cukup tinggi.

 

 

Sebagai pemilik, pihak BNI 46 bukanlah satu satunya pengguna ruangan di dalam nya. Sebagian besar dari total ruangan seluas 140.028 meter persegi itu di sewakan kepada pihak lain baik untuk perkantoran maupun restoran.

 

Tetap menarik meski tumbang dengan hadirnya Cemindo Tower

Menurut data dari Skyscrapper tahun 2016, Wisma BNI 46 menempati posisi ke 242 di dunia, 135 Asia dan tertinggi ke dua di Indonesia. Skyscrapper adalah sebuah situs yang menyediakan informasi akurat tentang gedung gedung pencakar langit di seluruh dunia.

 

Wisma BNI 46 pernah memegang rekor sebagai gedung tertinggi di Indonesia selama 19 tahun. Rekor itu di pegang sejak tahun 1996 silam dan baru saja tumbang dengan hadirnya Menara Rasuna. Pemegang rekor baru  gedung-tertinggi-di-indonesia yang juga disebut Cemindo Tower ini baru saja  di resmikan pengunaan nya pada bulan Agustus 2015 kemarin.

 

Meskipun tidak lagi menjadi gedung-tertinggi-di-indonesia, namun arsitektur Wisma BNI 46 yang unik tetap menjadi daya tarik sendiri di tengah belantara beton kota Jakarta.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *