Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

Fitur Renyah Yang Jadi Keunggulan Android Oreo

Fitur Renyah Yang Jadi Keunggulan Android Oreo

terakopi.com Satu lagi persembahan dari raksasa IT dunia Google. Bertepatan dengan terjadinya fenonema alam Gerhana Matahari Total ( GMT ) yang melintasi daratan Amerika Serikat pada tanggal 21 Agustus kemarin, Google resmi meluncurkan sistem operasi generasi terbaru OS Android 8.0  Oreo.

 

Penggunaan nama  Oreo bukan hanya asal comot saja. Kita semua tahu kalo biskuit Oreo ini cukup populer, sehingga wajar jika Google bekerja sama dengan pihak Mondelez selaku pemilik brand Oreo. Kerja sama yang saling menguntungkan atau kita sebut saja simbiosis mutualisme gitu. Brand Oreo pastinya akan semakin tenar dan itu juga berlaku dengan OS Android 8.0 Oreo sebagai penerus OS Android Nougat.



Lalu apa saja fitur renyah yang jadi keunggulan Android Oreo.? Berhubung saya tidak mendapat pemberitahuan resmi dari pihak Google, ya jelas saya nggak tahu. Tapi boleh lah kalo kita gali informasi yang bertebaran di jagad maya ini. Nah biar nggak penasaran, berikut  fitur renyah yang jadi keunggulan Android Oreo di lansir dari situs terkenal Forbes.

 

1.Konsumsi baterai lebih hemat

OS Android 8.0 Oreo memiliki kemampuan untuk mengenali aplikasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Maksudnya begini, saat menggunakan smartphone terkadang kita membuka begitu banyak aplikasi secara bersamaan dan akan tetap bekerja di latar belakang, padahal aplikasi tersebut tidak ada kaitan nya dengan aktifitas kita.

 

Nah kecerdasan yang di miliki Oreo memungkinkan dia memilah dan tidak mengakses aplikasi yang tidak di perlukan. Dengan demikian konsumsi baterai lebih hemat, sehingga berpengaruh juga pada usia pakai atau umur dari komponen baterai itu sendiri.

 

2.  Mengisi password secara otomatis

Seperti kita tahu password atau kata kunci merupakan syarat untuk membuka akses kita masuk kedalam akun yang kita miliki. Password sangat di butuhkan pada semua aplikasi mengingat peran nya yang sangat vital, terutama jika di lihat dari segi keamanan.

 

Sayang nya kebanyakan dari kita sering lupa dengan password yang kita punya. Meski Android versi terdahulu sudah di lengkapi dengan sejumlah aplikasi password manager namun nyatanya itu tidak banyak membantu. Dalam beberapa hal malah terkadang membuat kenyamanan pengguna terganggu.



Kekurangan ini di tambal oleh Oreo dengan fitur autofill password atau pengisi password secara otomatis. Aturan main nya begini, aplikasi apa saja yang di peruntukkan buat Android bisa mendaftar terlebih dahulu sebagai penyedia autofill melalui sistem yang tentunya mempermudah pengguna untuk login.

 

Sebelumnya kita harus melakukan setting terkebih dahulu di pengaturan bahasa dan input. Selanjutnya Oreo akan meminta rincian data login kita pada sebuah aplikasi, menyimpan nya , dan sewaktu waktu akan secara otomatis menampilkan saat kita membutuhkan nya.

 

Untuk memberikan proteksi yang lebih aman, fitur ini juga bisa di kombinasikan dengan pemindai sidik jari atau fitur pembuka kunci lain yang lebih aman, sebelum membuka akses kita menuju akun.

 

Artikel terkait tentang Password:

7 Teknologi Pengganti Password Yang Semakin Edan

3. Gambar di dalam gambar

Kayaknya ini yang paling mencolok secara visual. OS Android 8.0 Oreo di bekali kemampuan untuk menampilkan gambar di dalam gambar. Fitur bernama ( PiP ) Picture in Picture ini memungkinkan kamu menonton video You Tube misalnya sembari melakukan aktifitas lain nya.

Fitur Renyah Yang Jadi Keunggulan Android Oreo

Fitur PiP awalnya di kembangkan untuk OS Nougat, namun terbatas untuk versi Android TV saja. Namun kini Oreo telah menghadirkan nya ke dalam perangkat smartphone.

 

Meskipun begitu, tidak semua aplikasi mendukung penggunaan PiP, Saat ini hanya tersedia untuk aplikasi kompatibel seperti Google Chrome, You Tube dan VLC saja.

 

Untuk menikmati fitur renyah ini, kita harus membuka dulu sebuah aplikasi semisal video You Tube dalam mode full screen, selanjutnya dengan menekan tombol Home maka ukuran video akan semakin mengecil dan kita bisa membuka aplikasi lain nya sambil tetap menikmati video tersebut.

 

Dalam waktu dekat ini, Fitur renyah yang jadi keunggulan OS Android 8.0 Oreo baru tersedia untuk perangkat Google Nexus dan Pixel . Harap bersabar buat pengguna perangkat yang lain ya, satu atau dua bulan kedepan semua pasti kebagian kok.

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *