Fakta Unik dan Sisi Gelap Apple Yang Bikin Kamu Melongo

Fakta Unik dan Sisi Gelap Apple Yang Bikin Kamu Melongo

Hari gini siapa sih yang nggak kenal sama Apple. Perusahaan teknologi dengan aset termahal di dunia ini memang jagonya untuk produk gadget premium. Lihat saja iPhone yang laris manis meski harga nya selangit. Masih ada juga iMac , iPad , iPod dan produk unggulan lain yang di dambakan banyak orang.

 

Kalo bicara keunggulan produk Apple mungkin kamu lebih fasih. Tapi tahukah kamu jika di balik segudang prestasi nya yang mencorong, ternyata ada beberapa fakta unik dan sisi gelap Apple yang bikin kamu melongo. Bukan bermaksud menjelekkan, tapi inilah fakta tentang Apple yang jarang di ketahui orang :

 

1.Filosofi di balik logo Apple

Salah satu hal yang mudah di kenali dari produk Apple adalah logo khas nya yang berupa buah apel di gigit itu. Kebanyakan dari kita pasti sering bertanya tanya, kenapa harus buah apel sih. Padahal itu kan perusahaan teknologi bukan pedagang buah 🙂

 

Filosofi di balik logo Apple

 

Jika perusahaan lain nya memiliki filosofi khusus yang tercermin dalam logo nya, tidak demikian hal nya Apple. Seperti yang di tegaskan oleh Steve Jobs , pemakaian logo itu tidak memiliki makna khusus apapun. Steve memilih logo itu hanya berdasarkan kesukaan nya pada buah apel. Sekilas memang terlihat konyol ya, tapi memang itulah faktanya.

 

2. Produk iPod ternyata pernah di tolak

Ada yang belum pernah punya iPod.? Wah kalo iya berarti kamu termasuk kaum berkantong tipis, sama kayak saya haa..haa. Jangankan beli iPod, mau beli pulsa aja masih mikir dua kali. Well lupakan sejenak tentang penderitaan kita, itu hanya soal waktu saja.

 

Kembali ke iPod, perangkat pemutar musik digital keluaran Apple ini sangat populer pada masanya dan terjual ratusan juta unit di seluruh dunia. Namun tahukah kamu jika iPod di rancang oleh Tony Fadell sebelum dia bekerja di Apple. iPod pernah di tolak oleh dua perusahaan yakni Real Network dan Philips, sebelum akhirnya menjadi keberuntungan bagi Apple.



3. Apple bukan hanya milik Steve Jobs

Nama Steve Jobs seolah melekat dengan Apple berkat talenta , kejeniusan dan kepiawaian nya membangun Apple. Padahal dia bukan satu satunya pendiri Apple , masih ada dua orang yang memiliki andil besar membangun Apple yakni Steve Wozniack dan Ronald Wayne.

 

Steve Wozniack kini menggantikan peran Jobs sebagai CEO Apple. Tapi kemana Ronald Wayne.? Entah karena alasan apa, Ronald hanya bertahan 12 hari saja di Apple dan memilih hengkang dengan menjual 10% kepemilikan saham nya.

 

Dulu dia cuma dapat uang $ 2.300 atau sekitar Rp.30 juta saja untuk 10% saham nya. Mau tahu berapa uang yang dia punya sekarang seandainya saham itu tidak dia jual.? Kurang lebih Rp. 7,8 Trilyun broo , sayang seribu kali sayang yaa, Oalaah nasib nasib.

 

4. Lisa malang yang di kubur Apple

Produk produk Apple kini memang banyak di gandrungi oleh penggila gadget dari seluruh dunia. Namun tidak berarti semua produk Apple laris manis di pasaran. Mereka juga pernah menelan pil pahit bersama Lisa. Wooyy siapa tuh Lisa..?

 

Komputer Lisa Buatan Apple 1983

 

Bulan Januari 1983 Apple mengeluarkan produk komputer PC nya yang di beri nama Lisa. Fitur yang di miliki Lisa sebenarnya sangat lengkap dan kemampuan nya pun tidak bisa di remehkan untuk ukuran saat itu. Harga yang di banderol per unit Lisa adalah $ 9.995 atau sekitar Rp.130 an juta rupiah, busyet muraah amat 🙂 .

 

Namun sayang nya Apple harus menderita kerugian gara gara produk ini. Komputer Lisa tidak laku di pasaran karena harga jual nya yang terlalu mahal. Apa boleh buat mereka terpaksa mengubur lebih dari 2.700 unit komputer Lisa di kota Utah , Amerika Serikat .

 

5. Steve Jobs adalah penipu

Dunia mengakui kalau Apple tidak akan bisa sebesar sekarang ini tanpa Steve Jobs. Co founder Apple ini di kenal sebagai sosok yang jenius , kreatif , visioner dan ambisius. Namun di satu sisi dia adalah atasan yang kejam dan berdarah dingin bagi karyawan nya.

 

Seberapa kaya nya Apple.?

 

Apple Perusahaan Termahal Kalahkan Google dan Microsoft

 

Tidak hanya itu, Steve Jobs juga tega menipu sahabat nya sendiri , Steve Wozniack yang menemani nya dari bawah. Hal ini dia lakukan ketika menerima pembayaran dari Atari sebesar $ 5000 , dalam perjanjian seharusnya uang itu di bagi rata 50 : 50 , namun ternyata Jobs berbohong dan hanya memberikan $ 350 saja ke Steve Wozniack.

 

Steve Jobs pun di kenal sebagai orang yang pelit , sepanjang hidupnya dia tidak pernah terlibat dalam kegiatan amal sekali pun. Bahkan dia menghentikan program amal Apple sejak tahun 1997, ketika dia bergabung kembali setelah beberapa waktu tidak bersama Apple.

 

Ternyata apa yang selama ini kita anggap bagus, tidak seutuhnya seperti itu ya. Tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini, Apel nya aja nggak utuh kan 🙂 . Semoga bisa jadi pembelajaran buat kita semua.

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *