Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

CMS Terbaik Di Dunia Untuk Membuat Website atau Blog

CMS Terbaik Di Dunia Untuk Membuat Website atau Blog

Ketika kamu ingin membuat sebuah blog atau website , kendala  pertama yang kamu hadapi pasti kebingungan harus memulai nya dari mana. Padahal membuat blog itu tidak sesulit yang kamu pikirkan. Orang awam tanpa latar belakang ilmu pemrograman komputer pun bisa membuat website dengan memanfaatkan aplikasi  CMS.

 

Content Management System ( CMS ) merupakan aplikasi yang di gunakan untuk memudahkan dalam mengelola konten baik berupa gambar,video, maupun teks dalam sebuah website. Jadi kamu tidak harus menguasai bahasa pemrograman PHP maupun pengolah data seperti MySQL. Semua sudah ter integrasi dalam sebuah CMS yang siap untuk kamu gunakan.

 

Ada banyak pilihan CMS yang bisa kamu gunakan. Perusahaan besar dan instansi pemerintahan pun banyak yang menggunakan aplikasi CMS untuk membangun website mereka. Berikut ini 4 CMS terbaik di dunia untuk membuat website atau blog.

 

1.WordPress

WordPress merupakan Content Management System yang paling populer di dunia ini. Di gunakan lebih dari 20 juta website besar dan kecil atau setidak nya menguasai 30% dari total pengunaan CMS. Website besar seperti CNN, Reuters, TechCrunch dan The New York Times pun di bangun dengan menggunakan CMS WordPress.

 

Platform WordPress di buat oleh Matt Mullenweg dan mulai di perkenalkan ke publik 27 Mei 2003. Sejak di perkenalkan hingga sekarang WordPress telah berulang kali disempurnakan, blog terakopi.com ini saya buat dengan memakai versi 4.7.5.

 

WordPress itu sendiri memiliki 2 platform berbeda yakni WordPress.com dan WordPress.org dengan kelebihan masing masing.

 

  • WordPress.com

Ini merupakan versi gratis dari WordPress yang bisa kamu gunakan untuk blog pribadi. Kelemahan WordPress.com adalah fitur nya yang terbatas dan kamu harus rela nama blog kamu menggunakan sub domain wordpress.com. Karena blog kamu masih numpang pada server milik WordPress.

 

Jika tujuan kamu membuat blog hanya sekedar mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi menulis saja, tentu tidak jadi masalah. Namun kalo kamu berniat menjadikan blog kamu sebagai sumber penghasilan, sebaiknya jangan gunakan WordPress.com , karena blog ini tidak bisa di pasangi iklan dari Google Adsense.

 

Artikel terkait penghasilan blog :

 

Jenis Iklan Yang Menjadi Mesin Uang Blog

 

  • WordPress.org

WordPress.org bersifat open source dan di kembangkan oleh banyak pihak. Itu sebabnya platform ini sangat terbuka luas untuk di kembangkan dengan dukungan jutaan plugin dan tema. WordPress.org juga memiliki forum aktif dan komunitas di berbagai negara.

 

Saat ini WordPress.org juga telah support bahasa Indonesia berkat kontribusi para pengguna nya yang di motori oleh Huda Toriq , seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Untuk menggunakan WordPress.org kamu harus mendaftar layanan hosting terlebih dulu. Dengan memakai WordPress.org berarti website yang kamu buat menjadi milik kamu sepenuh nya.

 

2. Joomla

CMS berikut nya yang tidak kalah populer adalah Joomla yang juga di kembangkan dengan PHP dan mendukung MySQL. Joomla di perkenalkan pertama kali pada bulan September 2005, dan langsung membuat para pengguna nya jatuh hati dengan tampilan nya yang lebih menarik dan tentu powerfull.

 

Fitur yang di miliki Joomla lebih sedikit dan lebih sulit di gunakan jika di bandingkan dengan WordPress. Namun untuk sebuah website yang memiliki banyak konten dan trafik yang tinggi, Joomla lebih stabil di bandingkan WordPress.

 

Untuk kamu yang sedikit memahami ilmu koding, Joomla adalah pilihan yang tepat. Saat ini ada kurang lebih 2 juta website yang di bangun di atas platform Joomla di seluruh dunia.

 

3. Drupal

Seperti CMS lain nya, Drupal yang di kembangkan oleh Dries Buytaert sejak Januari 2001 ini juga bersifat open source. Itu artinya semua orang bebas menggunakan nya tanpa harus membayar sepeser pun.

 

Drupal memiliki tingkat kesulitan di atas Joomla, sehingga kamu butuh ilmu koding yang agak lumayan jika ingin membuat website mu terlihat lebih profesional. Namun semua itu tentu sebanding dengan performa Drupal yang lebih fleksibel dan sangat powerfull.

 

Tingkat keamanan CMS ini dan kemampuan nya menangani trafik yang tinggi dengan stabil, menjadi pilihan bagi perusahaan seperti FedEx dan Harvard University untuk menggunakan Drupal.

 

4. Blogger

Pada awalnya CMS Blogger di kembangkan oleh Pyra Labs dan mulai di perkenalkan sebagai platform untuk membuat blog sejak 23 Agustus 1999. Penggunaan Blogger semakin meluas sejak di beli oleh Google pada tahun 2003.

 

Kualitas platform ini tentu tidak di ragukan lagi, mengingat nama besar Google yang terus menerus melakukan pengembangan. Blogger merupakan pilihan pertama saya ketika membuat blog ini, karena saat itu yang saya tahu ya cuma Blogger 😀

 

Blogger sangat mudah untuk di gunakan, istilah nya tinggal bikin postingan saja tanpa harus repot repot mengutak atik kode HTML. Ada banyak pilihan template atau tema yang di sediakan secara gratis maupun berbayar.

 

Sayang nya kita tidak bisa sepenuhnya memiliki blog yang kita buat dengan CMS ini. Blog kita masih numpang di hosting Google dengan nama subdomain blogspot. Ada kemungkinan blog kita sewaktu waktu di hapus oleh pihak Google, meski hal ini sangat jarang terjadi.

 

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *