Cara Menjadi Kaya Dengan Metode SMART

cara-menjadi-kayaCara menjadi kaya dengan metode SMART. Siapa sih yang nggak pengen kaya raya dan hidup bergelimang  harta. Ada banyak cara menjadi kaya, yang bisa di lakukan. Bekerja keras merupakan modal  utama mendapatkan kekayaan entah apapun profesi kamu.

 

Tapi tidak semua orang yang bekerja keras sepanjang tahun bisa menjadi kaya. Seberapa pun banyak penghasilan mu dari kerja, akan tetap habis kalo pengeluaran mu lebih besar dari pemasukan mu.

 

Lihatlah betapa banyak orang yang bergelimang harta,  punya banyak uang namun mereka masih tetap hidup sederhana. Kebalikan nya tidak sedikit orang dengan penghasilan tak seberapa namun memaksakan hidup mewah, dan akhirnya hanya menumpuk utang saja.

 

Jika penghasilan kamu saat ini tidak terlalu besar, kamu masih punya kesempatan untuk menjadi orang kaya kok. Tinggal seberapa konsisten kamu menerapkan cara menjadi kaya berikut ini.

 

Mulai lah hidup hemat dan sisihkan sedikit dari hasil kerja keras mu untuk membangun bisnis

Dengan penghasilan yang tak seberapa, banyak orang menganggap cara menjadi kaya ini mustahil di lakukan. Jangankan buat di tabung, untuk makan dan kebutuhan sehari hari saja rasanya tidak cukup. Namun semua tergantung pada niat nya.

 

Mulailah hidup hemat dan membuat skala prioritas. Sisihkan sekian persen dari penghasilan bulananmu untuk di investasikan pada hal yang lebih bermanfaat. Investor kelas dunia seperti Warren Buffet sekalipun selalu menyisihkan penghasilan nya untuk ber investasi. Terbukti cara ini membuatnya sebagai orang terkaya kedua di dunia beberapa tahun lalu.

 

Dari uang yang berhasil kamu sisihkan itu, mulai lah mengembangkan sebuah bisnis kecil kecilan. Tidak semua bisnis membutuhkan modal besar. Yang penting, kamu harus mulai untuk investasi masa depan sebagai cara menjadi kaya.

 

Kalo uang yang bisa kamu sisihkan masih di rasa kurang, toh kamu bisa mencoba bekerja sama dengan beberapa orang teman mu. Cari lah partner kerja yang mempunyai pandangan, visi dan misi yang sejalan. Bekerja secara tim akan lebih memudahkan jalan mu membangun bisnis.

 

Jangan besar pasak daripada tiang, pergunakan uang sesuai kemampuan mu

Banyak orang yang memaksakan diri untuk memenuhi gaya hidup di luar kemampuan nya. Meski penghasilan nya tak seberapa, namun tetap saja menghamburkan nya untuk menuruti gaya hidup.

 

Pola hidup yang besar pasak daripada tiang ini, hanya akan semakin menyiksamu. Jauhilah hal yang kayak gini, gunakan uang mu secukupnya jangan sampai pengeluaran lebih besar dari apa yang kamu dapatkan.

 

Satu hal yang sangat penting kamu perhatikan adalah, cobalah untuk tidak menggunakan kartu kredit. Kartu kredit tidak lebih dari utang yang hanya akan membebani mu namun tanpa kamu sadari sering membuatmu lupa diri.

 

Investasikan uang untuk mengembangkan kemampuan mu

Apapun profesi kamu saat ini, kamu pasti bisa menghasilkan lebih banyak uang apabila kamu benar benar totalitas dalam menjalani nya.  Apa yang kamu dapatkan tentu sebanding dengan skill yang kamu miliki sekarang.

 

Investasikan sedikit dari penghasilan mu untuk mengembangkan keahlian yang membuatmu bisa mendapatkan penghasilan lebih besar.  Jangan pelit mengalokasikan uang  untuk mengikuti kursus atau pelatihan. Membeli buku buku tutorial dan sarana penunjang yang kompatibel untuk meningkatkan skill mu merupakan cara-menjadi-kaya yang bisa kamu lakukan.

 

Misalnya saja kamu seorang blogger, maka gunakan uang untuk membeli domain TLD, membeli theme pemium dan mengembangkan kemampuan yang berkaitan dengan web programming. Seiring meningkatnya kemampuan yang kamu punya, maka pendapatan mu pasti akan naik sebanding dengan usaha mu.

 

 

Buatlah target dengan metode SMART

Dalam menekuni sebuah profesi, kamu harus punya target dan tujuan yang jelas. Buatlah target pencapaian seperti apa yang kamu inginkan. Dengan memasang target, maka kamu akan di paksa bekerja lebih keras dan  fokus untuk mencapai target yang kamu inginkan.

 

Ada metode sederhana yang bisa kamu terapkan dalam menetapkan target agar lebih efektif. Terapkan cara-menjadi-kaya dengan metode SMART yang merupakan akronim dari  Spesifik, Measureable, Achieveable, Realistis dan Timeable.

 

Penjabaran nya seperti berikut :

  • Spesifik artinya kamu harus menentukan seperti apa target yang kamu inginkan secara lebih terperinci. Jika kamu punya target jadi orang kaya, maka tentukan dengan cara seperti apa kamu mencapai nya.

 

  • Measureable dalam artian target itu harus terukur. Jangan sekedar memasang target tanpa perhitungan yang matang. Berapa banyak penghasilan yang kamu inginkan, dan itu akan membuat mu mempunyai tujuan yang jelas.

 

  • Achieveable itu artinya kamu harus bisa memastikan dan yakin kalo target itu pasti bisa kamu capai.

 

  • Realistis pada inti nya hampir sama dengan Achieveable. Nggak mungkin juga kan kamu masang target yang nggak realistis. Memang benar tidak ada yang mustahil di dunia ini, tapi kalo kamu pasang target setahun lagi bisa mengalahkan kekayaan Mark Zuckerberg pastinya itu nggak realistis juga kan.

 

  • Timeable tentukan waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai target yang telah kamu pasang. Apakah satu tahun, dua tahun dan seterus nya , yang pasti harus ada horison waktu pencapaian nya.

 

Tertarik Mencoba..?

 

Jangan pernah berpikir kalo kamu tidak bisa melakukan semua hal di atas. Semua orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi kaya, selama mau berusaha bekerja keras mewujudkan nya.

 

Yakinkan dirimu dan tanamkan mindset suatu hari nanti kamu pasti bisa mencapai apa yang kamu inginkan. Man jadda wa jadda , Barang siapa bersungguh sungguh pasti dia bisa.

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *