Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Aplikasi Android

Ada banyak cara mendapatkan uang. Salah satu nya dengan memanfaatkan keberadaan internet dan menjamur nya pengguna aplikasi android dewasa ini. Namun sayang nya tidak banyak orang yang mampu memanfaatkan peluang emas itu.

 

Kita lihat diri  sendiri aja dulu, berapa banyak waktu yang kita buang percuma hanya untuk ber haha.. hihi , chating sana sini yang inti nya cuma monoton  aja. Alih alih menggunakan  kuota internet sebagai cara mendapat uang, yang ada malah sekedar pamer status alay di media sosial.

 

Dari pada rugi waktu dan mubazir buang uang, alangkah  baik nya kalo kita memanfaatkan kuota internet sebagai cara mendapatkan uang. Pasti nya jauh lebih bermanfaat, karena suka tidak suka semua orang pasti suka uang, iya nggak..?

 

Sudah banyak orang yang sukses berkat kejelian membaca peluang yang ada. Mereka menggunakan berbagai cara mendapatkan uang dari internet, dan akhirnya bisa mewujudkan mimpi nya.

 

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet

 

Sebenarnya ada banyak cara mendapatkan uang dari internet. Kita bisa menggali informasi sebanyak – banyak nya dari internet juga.  Namun kali ini kita hanya akan membahas cara mendapatkan uang dari internet melalui aplikasi android.

 



 

Kita semua tahu bahwa sebagian besar smartphone yang beredar di dunia ini menggunakan sistem operasi android. Itu berarti ada pasar yang sangat potensial untuk mendapatkan uang dari internet dengan memanfaatkan aplikasi android.

 

Sistem operasi android memungkinkan bagi aplikasi lain nya untuk berjalan di atasnya. Itu sebabnya banyak aplikasi yang di ciptakan, mulai dari yang simpel seperti aplikasi lampu senter , hingga berbagai jenis game online yang lebih kompleks.

 

Aplikasi itu di buat oleh pihak ketiga , baik perusahaan maupun perorangan dengan satu tujuan yakni mendapat uang. Bagaimana cerita nya sehingga mereka bisa mendapatkan uang dari aplikasi buatan nya..?

 

Seperti bisnis pada umum nya, tidak ada uang yang turun dari langit. Begitu juga yang berlaku dalam bisnis online.  Ada berbagai proses dan tahapan yang harus di lalui  mulai  dari nol sampai bisa mendapatkan uang.

 

Pernah dengar cerita sukses Henry Jufri..? Kuli panggul pelabuhan di Makassar yang hanya lulusan SMP ini berhasil mendapatkan uang dari internet hingga $1.000 per bulan dengan menjual aplikasi android buatan nya.

 

Pada awal nya dia juga sama sekali tidak paham koding. Namun berkat kemauan yang kuat, dia belajar sendiri secara otodidak dan nyatanya berhasil membuat puluhan aplikasi edukasi android yang mendatangkan uang.

 

Pada garis besarnya cara mendapatkan uang dari internet melalui aplikasi android terbagi dalam 4 bagian :

 

  • Memiliki  Aplikasi Android
  • Memiliki akun di Google Play Console
  • Monetisasi
  • Mendapatkan uang

 

Baiklah mari kita kupas satu persatu cara mendapatkan uang dari internet melalui aplikasi android, agar kita bisa punya gambaran yang lebih jelas.

 

Apa yang harus kita lakukan..?

 

Langkah 1

1.Memiliki Aplikasi Android

 

Sebagai penjual ya kita harus memiliki aplikasi yang akan kita jual, dalam hal ini adalah aplikasi android. Berarti harus buat aplikasi android dulu dong..? Bisa iya bisa juga tidak.

 

Kalo kamu menguasai bahasa pemrograman atau teknik koding ya silahkan buat sendiri aplikasi nya. Tapi kalo pun kamu tidak paham koding itu juga tidak jadi soal. Kenapa..?

 

Yaa.. karena ada banyak source kode atau bahan setengah matang yang tersedia di market seperti Envato atau Flippa. Kamu hanya tinggal melakukan sedikit modifikasi atau lebih di kenal dengan reskin. Untuk mendapatkan nya tentu tidak gratis, harus keluar modal untuk menghasilkan uang yang lebih besar nanti.

 

Kalo pun  kamu tidak punya kemampuan koding sama sekali, kamu bisa belajar dan berlatih dasar nya saja. Banyak situs  online maupun offline yang menyediakan pelatihan koding dasar dan pengembangan aplikasi android.

 

Henry Jufri developer android

 

Langkah 2

2. Memiliki akun di Google Play Console

 

Sekarang kamu sudah punya aplikasi android nya. Selanjutnya adalah mencari pasar di mana kamu harus menjual aplikasi itu. Banyak market yang tersedia , namun kebanyakan para developer android menjual aplikasi nya di Google Playstore.

 

Sebelum kamu menjual nya, kamu harus mendaftar atau membuat akun terlebih dulu. Cara nya seperti biasa, silahkan masuk dengan akun Gmail ke Google Play Console. Berita buruk nya kamu harus membayar $ 25 agar kamu bisa berjualan di toko milik Google itu.

 

Yaa kamu harus mau mengeluarkan sedikit modal dan menurut saya jumlah nya tidak terlalu besar jika di bandingkan dengan uang yang bisa kamu dapatkan nanti.  Cukup bayar sekali saja, dan kamu di perkenankan memajang aplikasi buatan mu seumur hidup.

 

Sedikit merepotkan juga, karena Google hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit.  Padahal tahu sendiri kan kartu kredit  adalah barang langka bagi kebanyakan orang Indonesia. Tapi jangan khawatir  selagi ada kemauan, di situ pasti ada jalan kok.

 

Kamu bisa menggunakan  Virtual Credit Card atau Virtual Credit Number yang banyak di jual secara online.  Yang penting kamu harus tahu kredibilitas penjual nya, kalo tidak ingin menjadi korban penipuan online.

 

Setelah pembayaran beres kamu buat dulu akun  Google Wallet, yakni semacam dompet yang akan menjadi wadah penampungan uang hasil jualan aplikasi android mu.

 

Baru setelah itu kamu bisa mulai meng upload aplikasi android mu dalam bentuk APK ke Playstore.Tentu nya kamu harus menyetting tampilan aplikasi sebelum di publish agar menarik banyak orang  menginstal nya.




 

Langkah 3

3. Monetisasi

 

Setelah aplikasi kamu berhasil di pajang di Playstore, apakah itu sudah cukup dan uang datang dengan sendiri nya..?   Ya jelas tidaklah se simpel itu bro. Kamu harus menentukan metode atau cara mendapatkan uang dari internet melalui aplikasi itu.

 

Ada tiga metode yang bisa kamu terapkan, pilih mana yang menurut mu paling efektif

 

  • Pertama # menjualnya langsung

 

Cara ini banyak di gunakan untuk menjual aplikasi semacam ebook. Setiap pengguna yang tertarik menggunakan aplikasi kamu, harus membayar terlebih dulu sebelum mengunduh nya.

 

Anggap saja kamu memasang harga $ 2 dan dalam sebulan di unduh lebih dari 2.000 kali. Maka kamu tinggal mengalikan berapa uang yang bisa kamu dapatkan.  Itu baru satu aplikasi saja, bagaimana kalo kamu punya 10 misal nya.

 

  • Kedua # menjual item premium

 

Metode ini banyak di gunakan dalam aplikasi seperti game. Pernah main game  Clash of Clans..? Pasti tidak asing dengan istilah Gem,  Nah itulah yang di sebut item premium. Cara mendapatkan uang di mana pengguna harus membayar terlebih dulu jika ingin mendapatkan item premium tersebut.

 

 

Semakin populer  game atau aplikasi yang kamu jual maka akan semakin banyak uang yang bisa kamu dapatkan. Tahu sendiri kan para gamers itu adalah orang orang yang sangat royal dan tidak segan mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk meningkatkan level akun game mereka.

 

  • Ketiga # Pasang iklan

Iklan dalam aplikasi merupakan cara mendapatkan uang yang paling banyak kita temui. Hampir semua aplikasi android yang kita unduh mengandung iklan di dalamnya.

 

Umum nya iklan menggunakan sistem PPC di mana penampil akan  dibayar per klik, dan PPS yang artinya akan tetap dibayar per seribu tayangan, meskipun tidak ada yang klik iklan.

 

 

 

Langkah 4

4. Mendapatkan uang

 

Step terakhir adalah saat yang paling kamu tunggu,  yaitu mulai mendapatkan uang. Yaa sampai di sini kamu sudah menerapkan cara mendapatkan uang dengan baik dan tinggal memetik hasil dari kerja keras mu. Hanya saja kamu bisa lebih aktif untuk melakukan promosi ke berbagi media sosial agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

 

Keberhasilan kamu di tentukan seberapa efektif cara mendapatkan uang dengan mengoptimalkan kemampuan mu untuk membuat aplikasi android yang benar benar di sukai orang banyak.

 

Jangan pesimis sebelum mencoba, pasar itu masih terbuka sangat luas, seiring semakin meningkatnya jumlah pengguna android di dunia, dimana Indonesia menjadi salah satu negara dengan  pengguna terbesar. Bagikan artikel ini jika menurutmu bermanfaat.

 

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *