Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

Cara Game Android Menjadi Mesin Pencuri Uang

Cara Game Android Menjadi Mesin Pencuri Uang

Seiring menjamurnya penggunaan smartphone dewasa ini, sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang tercipta. Kalo kamu jeli , harusnya bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mulai membangun bisnis kamu sendiri.

 

Ya meski tidak semudah membalik telapak tangan, namun kenyataan nya sudah banyak orang yang berhasil mengubah taraf hidupnya menjadi jauh lebih baik dengan menekuni bisnis di bidang teknologi ini.

 

Trilyunan rupiah uang yang beredar di bisnis game





Menekuni profesi sebagai pembuat aplikasi maupun game android merupakan satu alternatif yang bisa kamu coba. Industri game tidak akan pernah ada mati nya, Tahu sendiri kan saat ini game seolah menjadi fitur yang wajib ada pada smartphone kamu. Memainkan game menjadi solusi bagi banyak orang di saat jenuh dengan rutinitas pekerjaan.

 

Berpijak pada kenyataan itulah, saat ini ada banyak perusahaan developer game yang sukses meraup keuntungan dalam jumlah yang sangat besar. Trilyunan rupiah uang yang beredar di bisnis game dan aplikasi mobile. Sangat di sayangkan kalau kamu tidak tahu cara game Android menjadi mesin ” pencuri ” uang dan mencicipi sedikit saja gurihnya kue industri game ini.

 

Iya benar perusahaan perusahaan developer game  itu bisa sukses karena di dukung tenaga ahli dan tentu dana yang besar. Namun itu bukan alasan untuk ” membunuh ” harapan kamu, jangan pesimis dulu. Kamu ingat game fenomenal Flappy Bird ..? Game sederhana yang sukses meraup keuntungan ratusan juta rupiah per hari pada masa jaya nya itu tidak di buat oleh perusahaan besar, melainkan di buat oleh orang Vietnam seorang diri.

 

Tidak menguasai ilmu koding juga bukan halangan, karena ada banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana membuat game Android kamu. Artikel yang membahas tentang itu bisa kamu baca pada link di bawah ini :

 

5 Aplikasi Developer Game Terbaik Tanpa Coding

 

Hal yang harus kamu lakukan adalah fokus pada pembuatan game, sehingga kamu bisa menciptakan game terbaik. Dan selanjutnya kamu bisa mencoba peruntungan kamu, membuat game Android menjadi mesin ” pencuri ” uang . Caranya..? Ya pasti sama dengan cara di gunakan oleh perusahaan developer game terkemuka dan developer perorangan lain nya.

 

Jual di Google Playstore atau iOS App Store

Cara yang harus kamu lakukan agar bisa menikmati penghasilan dari hasil kerja keras kamu adalah dengan menawarkan nya di Google Playstore atau iOS App Store. Mengingat inilah market utama bagi ratusan ribu aplikasi dan game mobile.




Metode yang di gunakan pun beragam, kamu bisa menentukan sesuai keinginan kamu dengan mempertimbangkan beberapa hal agar keuntungan yang kamu dapatkan lebih maksimal. Jika kamu ingin mendaftarkan nya di Playstore  kamu bisa memulai nya dengan melakukan registrasi di Google Developer Console terlebih dahulu.

 

Masuk ke akun Developer Console dan isikan data yang di minta, kamu akan di kenakan biaya $ 25 yang hanya di pungut sekali saja. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang ada mulai dari upload APK buatan kamu, menentukan harga jual, target distribusi hingga publish.

 

Ada beberapa pilihan yang di gunakan sebagai sumber pemasukan game setelah terdaftar di Google Playstore yaitu :

 

  • Menjual game secara premium

Dengan menjual game secara premium, itu artinya pengguna harus melakukan pembayaran terlebih dulu sebelum mendownload nya dari Playstore.

 

Keuntungan akan kamu dapat setiap kali ada orang yang tertarik membeli. Semakin banyak orang yang membeli nya tentu keuntungan yang kamu dapatkan akan semakin besar. Untuk menggunakan pilihan ini tentu nya harga yang kamu tetapkan harus benar benar pantas untuk aplikasi atau game tersebut.

 

  • Menjual item premium ( In App  Purchase )

Game buatan kamu bebas di download siapa saja, secara gratis tanpa di kenakan biaya. Namun dalam game itu di sertakan beberapa item tambahan yang harus di beli terlebih dulu, untuk upgrade senjata atau naik level secara cepat misal nya.

 

Contoh metode In App Purchase misalnya pembelian Gem dalam game Clash of Clans atau chips pada Texas Holdem Poker buatan Zynga. Ada banyak gamers yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli item tersebut tanpa paksaan. Saya sendiri juga pernah membeli Gem di Clash of Clans meski cuma beberapa ribu rupiah 😀

 

Terkadang game memang seperti candu dan kalo sudah ketagihan,  uang pun tidak akan jadi masalah. Sisi gelap gamers inilah yang di manfaatkan sebagai tambang uang bagi perusahaan developer game seperti Supercell. Pendapatan mereka dari sistem In App Purchase ini mencapai milyaran rupiah perhari.

 

 

  • Memasang Iklan pada game

Memasang iklan pada game merupakan pilihan yang banyak di gunakan para developer. Dalam hal ini Google AdMob adalah penyedia layanan iklan paling utama. Jadi kita harus melakukan pendaftaran terlebih dulu di AdMob untuk mendapatkan script kode iklan yang akan kita pasang pada game atau aplikasi .

 

Bentuk iklan pun bermacam macam bisa berbentuk banner , interstitials dan video. Banner bisa di artikan spanduk kecil atau slot iklan statis pada satu sisi tampilan game. Sedang interstitials adalah jenis iklan yang menutup seluruh tampilan layar, sehingga pengguna harus menutup iklan terlebih dulu sebelum memainkan game.

 

Untuk game yang di sisipi iklan dalam bentuk video contohnya Sim City buatan Electronic Art , di mana pemain di haruskan melihat klip video terlebih dulu sebelum mendapatkan bonus.

 

 

  • Sponsorship

Buat yang suka main game bergenre balapan, pasti sudah tidak asing dengan penampakan iklan sponsorship. Sama seperti sebuah blog atau website, ada banyak pihak yang berkepentingan untuk mempromosikan produk mereka dengan menyewa sedikit space atau ruang.

 

Beberapa pabrikan helm seperti NGK atau Arai misalnya, akan menampilkan iklan sponsor mereka dalam tampilan helm yang di pake figur pembalap dalam game tersebut. Untuk mendapatkan iklan sponsorship memang lebih sulit. Pihak pengiklan sudah pasti memiliki kriteria tertentu dalam menilai kelayakan sebuah game.

 

Inilah cara game Android menjadi mesin  pencuri  uang yang di gunakan oleh para developer terkemuka, termasuk kamu juga pasti nya. Jangan buang buang waktu mumpung masih muda, peluang untuk sukses pasti lebih besar.

 

Tapi ingat semua bisnis butuh proses, tidak ada yang instan baik itu offline maupun online. Perlu waktu bertahun tahun hingga berhasil, bukan hanya sebulan dua bulan. Jika kamu bermimpi mendapatkan keuntungan 500 juta dalam waktu semalam, maka saran saya teruskan saja tidur kamu dan teruslah bermimpi.

 

 

 

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *