Blogger Bejo Di Antara Blogger Indonesia

Blogger Indonesia

Kurang lebih dua tahun sudah saya berkenalan dengan dunia blogging. Tepatnya sejak awal  Januari 2016 yang lalu. Itu adalah masa dimana saya berambisi menjadi bagian dari Blogger Indonesia dengan membuat sebuah blog gratisan blogspot yang menjadi cikal bakal terakopi.com ini.

 

 

Saya akui, perkembangan blog ini begitu lambat. Kalo hitungan normal 2 tahun, ya paling tidak sekarang visitor harian minimal 10 rb atau lebih. Tapi faktanya boro-boro nyampe ribuan. Lha wong lewat angka keramat 100 aja seingetku belum ada 10 kali sepanjang karir sebagai Blogger Indonesia 😁 .

 

 

Kadang sering merasa iri kalo melihat postingan sesama blogger di grup Facebook Blogger Indonesia. Bukan hanya iri saja, tapi juga campur jengkel dan mangkel. Kok sepertinya mereka itu begitu mudahnya ya menarik ribuan visitor berkunjung ke blog nya.



 

Postingan itu memprovokasi saya buat misuh

Rasa iri dan mangkel saya ini bukan berarti kalo saya ini tipe blogger jahat lho yaa. Gimana nggak mangkel coba, kalo membaca fakta ( atau sekedar hoax belaka ) yang berseliweran di beranda grup Blogger Indonesia seperti berikut ini.

 

Maaf gan, newbie mau tanya kira kira udah bagus belum ya traffic blog ane.

 

Terus ada screenshoot Google Analytics nya, Unique Visitor 1500, Page View 3000. Umur blog baru 2 bulan, pake blogspot, artikel nya 50 biji juga belum ada.

 

 

Siapa coba yang nggak getem getem baca postingan kayak gitu. Secara tidak langsung postingan itu memprovokasi saya buat misuh.

 

 

Lho kok bisa begitu kangmas..? Hla yo jelas. Saya nggak pernah merasa lebih pintar dari siapapun, wa bil khusus dari Blogger Indonesia lain nya. Kapabilitas saya sebagai blogger masih terlalu cethek alias dangkal, meski bentar lagi umur saya udah kepala empat 😁 Woww wis tuwo yo le..

 

 

Yang bikin misuh itu adalah, mosok yo seseorang yang mengaku masih newbie ( katanya ) bikin blog baru seumuran janten, tapi visitor nya udah segitu banyak. Bandingkan dengan terakopi yang peletakan batu pertama nya sejak Januari 2016 ini, rekor tertinggi visitornya adalah 162 di awal bulan Oktober kemarin.

 

 

Sekali lagi saya tidak akan iri, kalo si empu nya blog yang mengaku newbie ini sudah berhasil menjejalkan ribuan atau minimal ratusan artikel dalam blog nya.

 

Tapi seperti pengakuan nya sendiri, dia cuma bermodalkan 3 lusin artikel buat menggaet 1500 visitor per day. Kan bener bener telo..

 

 

Sering terlintas rasa putus asa dan kehilangan semangat buat ngeblog. Manusiawi lah.. blogger sekelas bang Marikxon pemilik Maxmanroe yang nota bene adalah panutan Blogger Indonesia itu pun pasti juga pernah mengalami fase seperti ini.

 

Mau tahu siapa dia :

 

Nggak ada pencapaian secara instan

Jangan mencoba menjudge saya sebagai Blogger Indonesia yang terlalu profit oriented. Siapa pun orangnya pasti doyan duit, termasuk saya. Tapi untuk soal blogging ini, saya lebih mementingkan pengakuan akan eksistensi diri saya sendiri sebagai seorang blogger.

 

Yang selalu terlintas dalam benak saya adalah, ada apa ini kok visitor blog cuma mentok di angka cepek. Padahal semua saran dari Blogger Indonesia papan atas sudah ta jalani.

 

Contoh nya :

  • Pake TLD dotcom, sewa hosting di Niagahoster, riset keyword, artikel nggak ada satu pun yang copas.

 

  • Update artikel pun masih terhitung normal. Kadang dua hari sekali, kalo lagi enjoy bisa 2-3 artikel sehari.

 

  • Jumlah kata juga relatif banyak, nggak minimalis banget. Rata rata di atas 500 an, bahkan ada yang nyampe 2700 kata.

 

  • Submit artikel ke Google Webmaster Tool juga rutin tiap kali posting artikel baru. Share ke media sosial dan Google Plus juga nggak pernah ketinggalan.

 

TAPI ooh TAPI…

 

Kenapa semua usaha saya itu seolah sia sia.. Why..?

 

Semua juga paham bingits nggak ada pencapaian secara instan. Cuma masalahnya kalo blog ini sebentar lagi sudah harus perpanjangan domain, tapi visitor nya kalah telak sama blog kemarin sore, apakah itu wajar..?

 

 

Linda Ikeji butuh waktu 2 tahun hingga blog nya menghasilkan fulus. Timon Adiyoso, pemilik Mastimon.com hanya butuh waktu 1 tahun untuk menerima 11 juta rupiah dari Adsense sebagai honor nulisnya.

 

Pertanyaan nya, giliran saya kapan..? 😀

 

 

Saya itu cuma pengen melihat grafik Google Analytics terakopi.com seperti tangga naik Gunung Lawu dari Cemoro Sewu. Nanjak terus gitu pokoknya, atau minimal kasih lah sedikit angka baru, jangan cuma 80, 70 selama berbulan bulan. Bosen tau ngliatnya..

 

 

Jangan biarkan rasionalitas otak ini runtuh dan menganggap apa yang di capai para Blogger Indonesia itu hanyalah faktor keberuntungan alias orang Bejo minum Tolak Angin.

 

Hanyalah kunci :

 

Kalo bukan karena Bejo, di mana logika nya coba blog gratisan,umur 2 bulan, artikel minimalis, no riset keyword tapi bisa menggaet 1500 visitor unik per hari.

 

 

Sebuah anomali atau apa namanya jika di sejajarkan dengan terakopi.com saya ini yang pengunjung nya kayak kuburan. Sepi Booss..!

 

 

Padahal di tengah dangkalnya ilmu saya tentang blogging, saya juga masih sempet riset keyword kecil kecilan dan terus belajar tentang SEO. Tapi mungkin saja dalam dunia blogging memang ada campur tangan si Bejo tadi.

 

Dan fakta nya ( atau sekedar asumsi saya ) blog yang di buat ala kadarnya saja bisa meng KO blog dengan sedikit sentuhan optimasi ini.

 

 

Hemm entahlah, mudah mudahan ada pengunjung yang sedikit tergerak hati nya untuk memahami seperti inilah realita dunia blogging.

 

 

Saat pintu hati terketuk, rasa empati pun pastinya tak segan untuk menggerakkan jari membagikan sebuah realita tentang seorang Blogger Indonesia yang kini telah selesai di bacanya. 😀

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *