Bahaya Mengerikan Cahaya Biru Ponsel Mengancam Dirimu

Bahaya Mengerikan Cahaya Biru Ponsel Mengancam Dirimu

Awas benar benar bahaya nih guys, bukan sekedar judul yang bombastis buat nakut nakutin kamu. Cahaya biru yang di pendarkan oleh ponsel emang sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi manusia. Meski dampaknya tidak separah radiasi bom nuklir, tapi tetap saja kamu harus waspada lho ya.

 

Seperti kita tahu, manusia modern generasi jaman now itu nggak bisa jauh jauh dari yang namanya ponsel. Siang malam nggak ada capeknya mainan benda ajaib ini. Bukan cuma kamu aja sih, lha wong aku sendiri juga kayak gitu. Nggak bakalan bisa tidur selama masih pegang ponsel, ndak tahu kenapa kok bisa begitu, apa karena aku katrok yaa 😀

 

Semula sih aku pikir nggak ada pengaruh nya, biasa aja gitu. Tapi ternyata oh ternyata, lambat laun kok seperti ada yang berubah dengan diriku ya. Mata jadi lebih cepat lelah, siklus tidur jadi terganggu , kalo udah terlanjur tidur jadi susah banget mau bangun. Itu belum seberapa guys, yang lebih parah lagi aku jadi nggak pernah punya duit, wwkkkwkk.. ngawur..! kalo itu mah nggak ada hubungan nya keless.

 

Bahaya Mengerikan Cahaya Biru Ponsel Mengancam Dirimu

Oke kelamaan bercanda nya jadi nggak fokus malahan. Langsung saja kita kasih tahu nih, kenapa cahaya biru ponsel itu berdampak mengerikan buat dirimu, terutama buat kesehatan mata. Cahaya biru atau  blue lihgt  itu sebenarnya sudah ada sejak alam semesta ini tercipta. Sekedar tahu aja, matahari adalah sumber utama dari cahaya biru yang dalam bahasa bule di sebut High Energy Visible Light (HEV-Light).

 

Cahaya biru ini juga di hasilkan oleh layar pada beragam perangkat digital, seperti ponsel, laptop maupun televisi. Dalam intensitas yang rendah, sebenarnya cahaya ini tidak begitu berbahaya. Hanya saja karena kita ini terbiasa terlalu lama ber interaksi, dampaknya pasti buruk.

 

Sebaiknya kita hindari menggunakan ponsel saat malam hari menjelang waktu tidur. Pasalnya radiasi cahaya HEV-Light ini bisa mengganggu produksi hormon  melatonin.  Apa itu hormon melatonin.? tubuh itu kan punya jam biologis, yang mana di pengaruhi oleh berbagai jenis hormon. Nah si melatonin  ini bertugas untuk mengatur siklus tidur.

 

Hormon melatonin di produksi terus menerus sepanjang hari, namun akan semakin meningkat pada malam hari menjelang waktu tidur. Karena kamu masih aja mainan ponsel yang menghasilkan cahaya biru, maka produksi hormon ini terganggu, so siklus tidur pun jadi tidak teratur.

 

Selain sebagai pengatur siklus tidur, hormon melatonin juga berfungsi sebagai anti oksidan yang melindungi tubuh dari sel kanker. Bisa di bayangin kan kalo hormon nya sampe ngambek, nggak mau produksi gara gara cahaya biru..? Resiko terkena penyakit kanker pun pasti lebih besar.

 

Menimbulkan kerusakan pada retina mata

Menatap layar ponsel dalam ruangan yang gelap juga berpotensi menimbulkan kerusakan pada retina mata. Cahaya biru yang kuat bisa menyebabkan apa itu yang di sebut degenerasi makula dan glaukoma.  Ini istilah menyangkut retina mata, yaitu hilangnya penglihatan sentral pada benda di depan mata untuk beberapa waktu. Jadi buram ndemblok  gitu guys, aku sering ngalami hal kayak gitu waktu masih gila main COC dulu 😀

 

Bahaya mengerikan cahaya biru yang lain adalah berkaitan dengan Rapid Eye Movement (REM) atau gampangnya jam buka tutup kelopak mata gitu. Orang yang terpapar cahaya biru dengan intensitas tinggi cenderung memiliki nilai REM yang rendah.

 

Jadi gini, REM yang rendah itu membuat mata kita cenderung susah untuk merem di waktu yang seharusnya, tapi kalo udah terlanjur merem, ya bablas. Waktu tidurnya cenderung lebih lama dari mereka yang jarang terpapar cahaya biru. Pas banget sama yang aku alami, perasaan tidurnya udah lama banget, tapi giliran mau bangun, mata ini rasanya masih perih di paksain buat melek.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *