Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas.?

Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas.?

Pada dasar nya sebuah blog atau website tidaklah jauh berbeda dengan toko biasa. Jika sebuah toko berisi beberapa item sebagai barang dagangan, maka blog atau website membutuhkan konten. Bentuk konten itu sendiri bisa bermacam macam, tergantung pada jenis website itu sendiri.

 

Untuk website seperti You Tube, video lah yang menjadi konten utama nya. Sedangkan website yang berbentuk blog, pada umum nya berisi artikel sebagai konten atau barang dagangan. Blog tanpa artikel, ibarat sebuah toko tanpa barang dagangan, kosong melompong.

 

Mengingat arti penting sebuah  artikel, maka pemilik blog atau siapa pun yang bertanggung jawab mengelola nya, sudah pasti wajib mengisi blog dengan artikel. Tidak hanya dari segi kuantitas , namun kualitas artikel juga tidak boleh di abaikan begitu saja.

 

Sayang nya tidak sedikit pemilik blog yang merasa kesulitan untuk menghadirkan artikel yang berkualitas. Produktifitas macet karena kehabisan ide dan semangat untuk menulis artikel. Kalau hal ini di biarkan terus menerus maka bisa di pastikan blog nggak akan pernah berkembang dan akhirnya akan mati perlahan.

 

Sebenarnya ada beberapa point atau kunci yang bisa kita terapkan dalam menulis artikel.  Jika kamu menghadapi kesulitan yang sama, lakukan beberapa hal di bawah ini. Niscaya kamu bisa menghasilkan artikel yang benar benar berkualitas dan membuat nyaman siapa pun yang membaca nya.



1.Buatlah kerangka pokok

Akan lebih mudah untuk menuangkan ide yang ada, kalo kita membuat kerangka pokok tulisan terlebih dahulu. Luangkan waktu sekitar 10 menit sebelum mulai mengetik di papan keyboard untuk membuat kerangka pokok dari topik yang akan kita tuliskan.

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memetakan masalah dan membagi nya dalam beberapa kerangka pokok. Tulis lah satu dua kalimat penting dalam setiap kerangka pokok itu. Selanjutnya menulis akan jauh lebih mudah dengan mengikuti kerangka yang sudah jadi.

 

Ikuti dan kembangkan kerangka yang sudah ada, agar tulisan itu tidak melebar kemana mana.  Kerangka pokok akan membantu kita lebih fokus dalam mengembangkan ide, sekaligus menjaga agar tidak lepas dari konteks utama.

 

2. Menulis lah dengan lepas tanpa beban

Ketika kamu mulai mengetik kata demi kata dalam papan keyboard, buatlah pikiran se rileks mungkin. Menulis lah dengan lepas  tanpa beban, anggap saja kamu sedang berbicara atau mengobrol dengan teman.

 

Dengan begitu, kamu akan menghasilkan artikel yang benar benar berkualitas. Artikel yang mengalir dan membuat pembaca pun ikut larut dalam untaian kalimat dalam artikel mu. Jangan menggunakan tata bahasa  yang kaku. Ingat kamu cuma mengobrol dengan teman seperti biasanya, jadi rileks saja.

 

3. Jangan menulis kalimat terlalu panjang

Biasakan untuk menulis kalimat yang pendek, jangan terlalu panjang karena itu akan merusak fokus pembaca. Kemampuan mata untuk menangkap obyek hanya sepersekian detik. Kalimat yang pendek akan jauh lebih mudah di pahami  ketimbang kalimat panjang  yang bertele-tele.

 

Gunakan tanda baca titik koma secara tepat, karena itu sangat berpengaruh pada kenyamanan pembaca. Jangan membuat pembaca menjadi bingung dan membaca berulang kali hanya untuk memahami satu kalimat saja.

 

Begitu juga dengan paragraf, hindari membuat paragraf yang terlalu panjang. Beri kesempatan  atau jeda bagi pembaca untuk memahami pesan yang kamu sampaikan. Jangan memberondong nya dengan paragraf yang panjang tanpa jeda. Ideal nya dalam satu paragraf berisi antara dua hingga empat kalimat saja.

4. Berusaha sedekat mungkin dengan pembaca

Agar pembaca merasa nyaman membaca artikel mu, ciptakan hubungan emosional sedekat mungkin. Seperti halnya orang yang sedang mengobrol, buatlah seolah-olah kita sudah akrab meski baru pertama kali bertemu.

 

Lalu bagaimana cara nya agar tercipta hubungan emosional yang baik..?

 

Gunakan kata ” aku ” atau “ saya ” untuk menyebut diri kita sendiri dan panggil pembaca dengan kata ” kamu ” atau” anda ” . Dengan begitu akan tercipta suasana yang akrab dan terasa lebih dekat. Pembaca pun akan merasa lebih nyaman karena kita memperlakukan nya dengan istimewa.

 

5. Baca artikel dengan keras sebelum publish

Setelah kamu selesai menulis artikel, lakukan editing terlebih dulu. Perbaiki beberapa kesalahan penulisan seperti tanda baca dan bentuk typo lain nya. Sesudah itu, cobalah untuk membaca artikel dengan keras, seperti hal nya orang berbicara. Resapi apakah artikel itu sudah layak untuk di baca orang lain atau belum.

 

Dengan membaca secara keras berulang ulang,  maka kamu akan tahu di mana letak kesalahan nya.  Kamu akan tahu apa yang di inginkan oleh pembaca, saat mem posisi kan diri sebagai pembaca bukan sebagai penulis.

 

6. Teruslah berlatih

Setiap orang bisa menulis, tapi belum tentu mampu menghasilkan tulisan yang benar benar berkualitas. Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas di butuhkan wawasan yang luas.  Di butuhkan juga kemampuan menuangkan gagasan yang ada di kepala menjadi rangkaian kata demi kata dan kemampuan untuk menganalisa.

 

 

Meski bukan hal yang mudah, namun pada hakekatnya kamu pasti bisa menghasilkan artikel yang berkualitas. Perluas cakrawala wawasan kamu  dengan banyak membaca sebagai sumber referensi. Asah kemampuan menulis secara konsisten dan terus menerus.

 

Memang pada awalnya akan terasa sangat sulit, namun seiring waktu dan jam terbang yang semakin tinggi, maka  kamu akan mampu menghadirkan ruh dalam setiap artikel mu. Pada akhirnya kamu akan di kenal  sebagai seorang penulis artikel yang hebat.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *