Anda Mau Tahu 6 Alasan Kenapa Blog Ini Memiliki Banyak Pengunjung ?

Memiliki sebuah blog yang di kunjungi banyak orang dengan traffic yang stabil bahkan terus mengalami peningkatan jumlah visitor setiap hari nya , sudah pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya termasuk juga penulis sebagai seorang blogger. Di saat itulah semua usaha dan jerih payah yang kita curahkan dalam membangun blog seolah terbayar lunas.
Pengunjung yang banyak atau traffic yang padat menandakan bahwa ada sesuatu hal yang mereka cari dan mereka dapatkan di blog kita atau sebut saja blog terakopi ini. Lalu apa yang membawa pengunjung itu bisa sampai masuk dan tersesat di blog kita ?  Tentunya tidak hanya di karenakan oleh satu atau dua hal saja. Banyak faktor yang menjadi pembuka jalan menuju ke blog kita yang dalam bahasa para blogger lazim di sebut teknik SEO kependekan dari Search Engine Optimization , yang artinya mengoptimalkan penelusuran mesin pencari agar dengan mudah menemukan keberadaan blog kita.
Buat orang seperti saya yang baru saja terjun di dunia blogging dengan pemahaman yang bisa di bilang nol mengenai disiplin ilmu yang berhubungan dengan blog, semisal komputer jaringan maupun bahasa pemrograman dasar , tentu hanya akan membuat kepala pening kalau memaksakan diri untuk menguasai semua  teknik SEO yang njlimet. Saya katakan njlimet atau ruwet karena ada lebih dari 200 unsur yang terkait dengan SEO berdasarkan bocoran dari pihak Google sendiri.
Namun bukan hal yang mustahil bagi kita untuk mendatangkan pengunjung yang banyak dan membuat mereka betah berlama lama membuka halaman demi halaman dengan perasaan yang nyaman untuk akhirnya  kembali berkunjung setiap kali mereka membutuhkan informasi tertentu yang ada di blog kita.
Anda mau tahu 6 alasan kenapa blog ini memiliki banyak pengunjung.? Lupakan dengan 200 an lebih unsur yang saya katakan njlimet tadi. Bukan berarti saya merasa lebih pintar untuk menggurui anda atau mengabaikan SEO, sekali lagi saya katakan jika anda terlalu sibuk berkutat dengan hal hal di luar jangkauan anda, hanya akan menambah sakit kepala tanpa melakukan tindakan nyata dan akhirnya blog anda pun terbengkalai . Jika sudah begitu bagaimana mungkin blog anda di kunjungi banyak orang?
Anda tidak harus menguasai semua tentang SEO , cukup terapkan 6 hal sederhana di bawah ini agar blog anda mampu menjadi sebuah blog yang ber kelas dan memiliki pengunjung yang padat dan stabil.

1. Gunakan template yang ringan dengan layout sederhana

Hal pertama yang harus di miliki oleh sebuah blog tentunya adalah sebuah template atau tampilan dasar antar muka dari sebuah blog. Jika anda tidak mempunyai kemampuan yang cukup mengenai bahasa HTML, CSS maupun bahasa pemrograman lain nya jangan di paksakan untuk mendesain sendiri template untuk blog anda. Cukup gunakan template  yang banyak di sediakan secara gratis oleh mereka yang sudah mahir di bidangnya. Kalau pun anda ingin terlihat lebih profesional , jangan pelit untuk merogoh sedikit kocek anda untuk membeli template premium, tentu nya ada sedikit keunggulan di bandingkan dengan yang gratisan. Cukup murah kok sebenar nya berkisar 50 – 200 ribu an.
Pilih template yang sesuai dengan tema blog anda, usahakan tampilan yang simpel , tidak menggunakan banyak warna sehingga tidak terkesan norak.  Pada umum nya pemilihan warna yang kalem akan membuat pengunjung  betah berlama lama di blog kita, karena warna yang kalem pasti nya lebih bersahabat dengan kesehatan mata kita.

2. Tentukan niche atau topik bahasan  yang tepat sesuai kemampuan anda

Mengapa pemilihan niche yang tepat menjadi penentu keberhasilan sebuah blog.? Secara logika, orang akan lebih tertarik untuk mengetahui apa saja yang berhubungan dengan apa yang disukai nya. Mereka akan mencari informasi sebanyak banyaknya melalui media apa saja. termasuk di dalamnya melalui website atau blog. Dan saat mereka menjumpai sebuah blog yang mampu menyajikan informasi yang mereka butuhkan dengan tepat, akurat dan lebih lengkap, sudah pasti mereka akan merasa lebih nyaman, dan tanpa di minta pun mereka akan dengan senang hati untuk kembali berkunjung di waktu lain.
Kemampuan anda untuk menyajikan informasi yang benar benar akurat dan bermutu, tentu nya akan lebih baik jika di dasarkan pada penguasaan atas topik bahasan  yang anda pilih. Anda dapat membuat blog yang membagikan tutorial dan tips tentang desain grafis jika anda jago desain grafis misalnya.

3. Buat artikel orisinil yang di tujukan untuk di baca manusia bukan untuk robot

Banyak blogger yang terjebak dengan SEO sehingga menggunakan format penulisan yang kaku dan terkesan memaksakan pemakaian kata kunci tetentu tidak pada tempatnya. Perayap Google sendiri lebih menyukai konten atau artikel yang di buat dengan bahasa yang mudah di pahami manusia ,bukan konten yang di tujukan untuk penelusuran robot. Memaksakan kata kunci tertentu ,huruf kapital, tebal , miring, underscore yang tidak pada tempatnya justru akan membuat pembaca menjadi terganggu.

4. Buatlah tulisan anda sendiri tanpa menjiplak mentah mentah hasil karya orang lain.

Blogger yang baik tidak akan pernah melakukan itu karena sama saja merugikan orang lain dan menghilangkan nilai dari tujuan  blogging itu sendiri. Gunakan metode yang baik untuk mendapatkan bahan penulisan sebuah artikel dengan banyak berkunjung dan membaca artikel pada blog-blog lain yang  membahas topik relevan, tuliskan hal hal penting pada sebuah catatan kecil , gabungkan dan kembangkan dengan gaya penulisan kita sendiri. Pasti akan terlihat lebih menarik dan tentu nya kita pun lebih puas dengan hasil karya kita sendiri.
Pengunjung pun akan lebih senang jika kita menyajikan artikel yang benar benar murni merupakan hasil karya kita sendiri. Sebuah blog yang hanya menyajikan artikel copy paste, lambat laun akan di tinggalkan oleh pengunjung nya, karena seorang pembaca yang cerdas akan mampu membedakan mana yang orisinil dan mana yang hanya hasil menjiplak. Ingat.! sama juga seperti anda, tidak ada satu orang pun yang suka di bohongi ,termasuk untuk sebuah artikel sekali.

5. Share artikel anda ke Sosial media secara kontinyu

Promosi artikel merupakan hal yang tidak kalah penting untuk di lakukan. Dengan membagikan artikel yang anda buat ke berbagai sosial media akan membuat orang lain mengetahui keberadaan blog anda. Dewasa ini keterlibatan pengguna sosial media tidak dapat di pandang remeh untuk mendukung kesuksesan sebuah blog. Beragam sosial media utama seperti Facebook, Twitter dan Google Plus menjadi wadah yang tepat bagi promosi anda. Ada puluhan juta pengguna aktif akun Facebook di Indonesia, yang akan berperan menjadi pengunjung setia blog anda.
Lakukan promosi anda dengan sopan dan perencanaan yang matang. Menambahkan gadget share media sosial  menjadi kunci wajib pada sebuah blog untuk memudahkan promosi anda. Anda juga bisa membuat akun Fanspage pada Facebook untuk lebih memaksimalkan keberadaan blog anda.

6. Blogwalking akan melengkapi kesuksesan blog anda

Pengertian dari blogwalking adalah sebuah aktifitas mengunjungi blog milik orang lain. Dengan sering mengunjungi blog-blog lain yang jumlah nya jutaan  kita tidak akan pernah merasa sendirian di dunia maya ini. Kegiatan blogging kita akan terasa lebih hidup dengan saling ber silaturahmi, sekedar membaca postingan atau lebih aktif dengan memberikan komentar atas artikel yang kita baca. Ada jutaan informasi yang bisa kita serap dan bisa kita jadikan sebagai ide untuk penulisan artikel di blog kita.
Dalam melakukan kegiatan blogwalking , dengan aktif memberikan komentar secara sopan yang relevan dengan artikel terkait, maka secara tidak langsung kita akan memperkenalkan blog kita kepada sesama blogger. Bukan hal yang tidak mungkin mereka pun akan melakukan kunjungan balik ke blog kita, meski tanpa di minta sekalipun jika kita bisa membangun komunikasi yang baik. Hindari melakukan praktek yang tidak etis dengan memberikan komentar yang asal bunyi dan terkesan hanya mengharapkan kunjungan balik dengan menautkan link aktif blog kita jika tidak di minta. Pahami karakter pemilik blog yang kita kunjungi agar kita bisa menjadi tamu yang baik.

Dari apa yang sudah di sampaikan di atas mudah mudahan bisa menjadi sedikit masukan untuk anda terapkan pada blog anda sehingga setelah ini anda akan benar benar tahu 6 alasan kenapa blog anda memiliki banyak pengunjung. Terima kasih atas kunjungan nya dan silahkan bagikan artikel ini jika anda berkenan.
Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *