Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

Ada Kafe di Dalam Perut Pohon Berusia 6000 Tahun Ini

Ada Kafe di Dalam Perut Pohon Berusia 6000 Tahun Ini

Dunia yang kita tempati ini adalah rumah bagi ribuan atau bahkan jutaan spesies makhluk hidup. Termasuk aneka ragam  tumbuhan yang menunjang keberlangsungan hidup kita sebagai manusia.

 

Dari sekian banyak spesies tumbuhan itu, ada beberapa yang kelihatan lebih menonjol dari yang lain. Salah satu nya adalah pohon Baobab. Kamu udah pernah dengar tentang pohon Baobab belum guys.?

 

Bisa tumbuh tinggi hingga mencapai  47 meter

Pohon raksasa ini banyak di jumpai di tanah yang kering, gersang dan tandus. Habitat utama nya adalah di Pulau Madagaskar dan sebagian kecil tumbuh di Afrika Selatan.

 

Pohon Baobab yang menjadi simbol nasional negara Madagaskar ini bisa tumbuh tinggi hingga mencapai  47 meter dengan diameter 22 meter.  Memiliki ciri fisik yang unik dengan daun nya yang sepintas terlihat seperti akar, sehingga seolah terlihat seperti pohon terbalik

 

Baobab juga di juluki sebagai  pohon kehidupan, karena seluruh bagian pohon ini  memberikan manfaat kepada orang orang di sekeliling nya. Daun nya bisa di jadikan lalapan, bumbu masakan dan juga bahan pengobatan tradisional. Buah nya yang berbentuk mirip cempedak namun tidak berduri itu memiliki kandungan vitamin C enam kali lebih banyak dari buah jeruk dan kalsium lebih banyak dari susu sapi.

Pohon Baobab

Batang pohon nya yang gendut seperti botol mampu menyimpan air yang sangat berlimpah hingga 12.000 liter. Hal ini di karenakan bagian dalam pohon Baobab seperti gabus yang berfungsi menyerap dan menyimpan  air.

 

Saat musim penghujan akar nya menyerap air sebanyak banyak nya sebagai cadangan untuk bertahan hidup di musim kemarau yang panas dan kering. Keunikan ini lah yang membuat nya menjadi sumber air bagi penduduk dengan cara melubangi batang pohon nya.

 

Suku Bushmen penduduk asli Gurun Kalahari menggunakan sejenis rumput yang di jadikan sedotan untuk menghisap air dari dalam pohon ini sebagai pelepas dahaga di tengah perjalanan mereka.

 

Telah ada sejak 6000 tahun yang lalu

Keistimewaan lain dari Baobab adalah umur nya yang sangat panjang. Salah satu pohon yang di klaim berumur paling tua masih berdiri kokoh di Limpopo Afrika Selatan hingga saat ini. Berdasarkan penanggalan karbon dapat di ketahui jika pohon itu telah ada sejak 6000 tahun yang lalu.

 

Pohon yang di namakan pohon kehidupan Sunland ini adalah satu yang terbesar di dunia. Saking besar nya, puluhan orang bisa masuk ke dalam rongga pohon ini. Ya, seorang penduduk lokal memanfaatkan nya dengan membuat sebuah ruangan kafe di dalam pohon itu pada tahun 1933 silam.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *