9 Tips Menghemat Baterai Android Kamu Paling Ampuh

9 Tips Menghemat Baterai Android Kamu Paling Ampuh

Pada awal kemunculan nya, kita mengenal handphone hanya sebatas alat untuk melakukan panggilan telepon dan berkirim pesan singkat melalui fitur SMS saja . Namun kehadiran telepon pintar atau jamak di sebut smartphone beberapa tahun belakangan ini mengubah fungsi handphone lebih dari sekedar alat komunikasi.

 

Hal ini tidak bisa di lepaskan dari penggunaan OS Android sebagai sistem operasi utama yang paling banyak diterapkan pada pada produk smartphone mutakhir. Sistem operasi canggih ini memungkinkan begitu banyak aplikasi untuk di sematkan ke dalam sebuah smartphone. Sebagai pengguna, kita tentu nya semakin di manjakan dengan berbagai fitur fitur tersebut.

 

Kapasitas penyimpanan atau memori yang semakin besar dan dapur pacu dengan processor berkecepatan tinggi juga turut andil dalam meningkatkan kenyamanan pengguna. Tak ayal, puluhan aplikasi di jejalkan ke dalam nya tanpa memperhatikan satu bahaya sedang mengintai. Yaa tanpa sadar kelangsungan hidup baterai sebagai sumber daya smartphone pun di korbankan.

 

Baca dulu nih : 5 Aplikasi Android Islami Yang Wajib Ada di Smartphone Kamu

 

Baterai di paksa untuk bekerja lebih keras, sehingga umur pemakaian nya pun jauh berkurang dari yang seharusnya. Hal ini apabila di biarkan terus menerus pasti akan menurunkan performa baterai dan mau tidak mau kita harus mengganti nya dengan yang baru. Sebelum kita terlambat menyadari dan terpaksa mengeluarkan uang untuk membeli baterai lagi, perhatikan 9 Tips menghemat baterai android kamu paling ampuh yang berikut ini :

 

1.Jangan aktifkan mode getar

Terkadang kita menyetting profil suara pada smartphone dengan meng aktifkan mode getar. Hal ini sering di lakukan saat sedang mengikuti rapat atau ketika beribadah misalnya. Selintas memang terlihat sepele, namun ternyata berdampak besar pada kinerja baterai.

 

Baterai akan di paksa mengeluarkan energi lebih ketika berada pada mode getar. Agar usia baterai kamu bisa awet, mulai sekarang jangan aktifkan mode getar. Kalo kamu takut mengganggu orang lain ketika sedang rapat, cukup terapkan mode senyap atau silent pada smartphone kamu.

 

2. Hindari mengcharge smartphone secara berlebihan

Ada kalanya kita mengcharge smartphone secara berlebihan, semaleman. Kebiasaan buruk ini di picu karena kita tidak ingin repot repot bangun tengah malam hanya untuk melepas charge.

 

Waktu pengisian yang berlebihan sudah pasti akan memperburuk siklus umur baterai. Biasakan melakukan pengisian saat kapasitas baterai berada sedikit di bawah 30 persen dan cabut ketika mencapai 95 persen. Jangan di biarkan sampai benar benar kosong tapi jangan terlalu penuh juga, karena keduanya sama sama tidak baik bagi umur baterai.

 

Kondisi ideal baterai android adalah ketika berada pada kapasitas 40 persen, karena di situlah baterai memiliki performa terbaik nya.

 

3. Kurangi memasang aplikasi dengan banyak iklan

Hampir semua aplikasi terutama yang di unduh secara gratis dari Playstore di jejali dengan iklan di dalam nya. Hal ini memang wajar, karena iklan merupakan sumber pendapatan utama bagi developer aplikasi tersebut.

 

Meskipun kebanyakan aplikasi selalu di bumbui dengan iklan, namun tidak semua nya seperti itu. Kamu bisa memilih dan menyortir aplikasi mana saja yang jumlah iklan nya masih bisa di tolerir dan mana yang terlalu berlebihan. Kurangi memasang aplikasi dengan banyak iklan agar tidak membahayakan baterai android kamu.

 

Iklan yang di tampilkan kebanyakan berupa klip video, seperti pada game game tertentu, sehingga memaksa baterai mengeluarkan energi lebih. Selain daya yang banyak terkuras, aplikasi dengan banyak iklan ini juga akan membuat performa smartphone kamu menjadi lelet.

 

4. Gunakan fitur GPS secara bijak

Fitur GPS yang berfungsi menunjukkan lokasi memang sangat berguna bagi kamu. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu bisa mengetahui dan membagikan lokasi di mana kamu berada.

 

Namun dengan mengaktifkan fitur ini secara terus menerus tentu akan semakin banyak energi baterai yang terkuras. Sayangilah baterai kamu dan jangan paksa untuk bekerja keras tanpa henti, mulailah membiasakan diri untuk menggunakan fitur GPS secara bijak dan hanya pada kondisi yang sangat urgent.

 

5. Matikan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan

Memiliki smartphone dengan memori yang besar memang menyenangkan, karena kamu bisa menginstal aplikasi apa saja ke dalam nya. Sah sah saja sebenarnya, asal kamu bisa meggunakan nya dengan bijak.

 

Terkadang kita sering lupa dan membiarkan aplikasi yang tidak penting tetap dalam kondisi aktif. Kondisi seperti ini tentu membutuhkan energi yang cukup besar, untuk menjalankan aplikasi aplikasi itu. Jika kamu ingin usia baterai kamu lebih awet, cobalah untuk mematikan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.

 

Aktifkan beberapa aplikasi yang benar benar penting saja dan setting yang lain dalam kondisi Off. Pemakaian yang berlebihan akan membuat baterai android kamu panas berlebihan atau overheat.

 

6. Atur kecerahan layar pada posisi sedang

Mengatur kecerahan layar pada posisi sedang atau rendah merupakan satu dari 9 tips menghemat baterai android kamu paling ampuh. Selain menguras energi baterai yang lebih banyak, mengatur kecerahan layar dengan intensitas tinggi tentu juga tidak baik untuk kesehatan mata kamu.

 

7. Gunakan jaringan WiFi untuk melakukan pembaruan aplikasi android kamu.

Semua aplikasi yang ada dalam smartphone kamu adakalanya membutuhkan update atau pembaruan. Pihak pengembang tentu akan terus menerus melakukan penyempurnaan pada aplikasi buatan mereka agar menjadi lebih baik.

 

Nah sebagai pengguna, kamu pun tentu harus melakukan update, jika tetap ingin menggunakan aplikasi tersebut. Hal yang harus kamu perhatikan adalah, sebisa mungkin gunakan jaringan WiFi untuk melakukan pembaruan aplikasi android kamu.

 

Jaringan WiFi memiliki koneksi yang lebih stabil di bandingkan jaringan provider biasa, sehingga processor tidak bekerja terlalu keras dan imbasnya baterai android kamu pun tentu akan lebih awet. Dengan menggunakan WiFi tentunya kamu juga bisa mengirit kuota internet bulanan kamu.

 

8. Gunakan wallpaper statis

Terkadang agar di anggap gaul dan trendy, kamu menggunakan tema layar atau wallpaper berupa gambar animasi yang dinamis dan atraktif. Ya secara penampilan memang smartphone kamu akan terlihat lebih waah, tapi pasti ada kelemahan nya.

 

Untuk menjalankan animasi pada wallpaper itu pasti membutuhkan konsumsi baterai yang lebih banyak. Cobalah untuk mengganti nya dengan menggunakan wallpaper statis yang lebih sederhana dan tidak terlalu banyak warna. Wallpaper statis tentu akan memperpanjang usia pemakaian baterai android kamu.

 

9. Hindari panas berlebihan pada permukaan smartphone

Membiarkan smartphone kamu pada area terbuka dan terpapar sinar matahari langsung bukanlah hal yang baik untuk kesehatan smartphone. Panas pada permukaan di kombinasikan dengan baterai yang bekerja terlalu keras akan menimbulkan overheat dan memperpendek usia baterai android kamu.

 

Hindari meletakkan smarpthone kamu pada lokasi yang terpapar sinar matahari langsung. Perhatikan temperatur ideal yang tertera di badan baterai. Pihak produsen pasti telah mengujinya sebelum melempar ke pasar.

 

Nah sebelum baterai smartphone menjadi kembung , segera lakukan 9 tips menghemat baterai android kamu paling ampuh ini. Mudah mudahan kamu belum terlambat 🙂 . Silahkan di share ke saudara, teman dan tetangga kamu jika tidak keberatan dan menurut kamu bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *