6 Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Tahu

Terakopi blogspot.com.menyajikan 6 Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Tahu karena di sadari atau tidak pesatnya perkembangan di bidang teknologi yang serba digital ini menuntut kemampuan kita untuk bisa menyesuaikan diri dengan baik agar  tidak jauh tertinggal dan tergilas oleh perubahan jaman. Begitu banyak teknologi baru yang terus bermunculan, menggantikan teknologi sebelumnya yang telah usang dan di rasa tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan. Salah satu produk teknologi yang terus berkembang dan mengalami penyempurnaan terus menerus adalah media penyimpanan data.
Media penyimpanan data memegang peranan yang sangat penting dan tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia di era digital ini. Apa jadi nya kalau alat yang berfungsi sebagai penyimpanan data ini  tidak ada.? di mana kita akan menyimpan berbagai macam data yang kita punya.? Untuk itulah di butuhkan sebuah media yang berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan data, baik yang berbentuk tulisan, gambar , suara, video atau dalam format lain nya. Kebutuhan akan sebuah media penyimpanan data yang lebih praktis, fleksibel dan memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang semakin besar, membuat alat ini di sempurnakan terus menerus agar mampu memenuhi kebutuhan.
Terakopi blogspot.com akan memberikan sedikit ulasan tentang 6 Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Tahu yang pernah di gunakan manusia ,mulai dari yang sangat populer pada beberapa dekade tahun silam hingga yang  saat ini masih relevan sebagai media penyimpanan data . Di mulai dari :

1. Kaset pita atau Compact Cassette

6-media-penyimpanan-data-yang-wajib-kamu-tahu
kaset pita

 

Kalau teman teman lahir dan mengalami masa remaja di era tahun ’70-’90 an, pasti mengenal sebuah kotak kecil  berbentuk persegi yang di sebut kaset pita atau biasa di sebut kaset saja. Ya pada masa itu kaset merupakan salah satu format media penyimpanan data yang paling umum digunakan dalam industri musik untuk menyimpan data yang berupa lagu. Kaset di perkenalkan pertama kali oleh perusahaan Philips pada tahun 1963 di Eropa. Pada era tahun 1980 an keberadaan kaset sangat popular hal ini di dukung dengan hadirnya alat pemutar dan perekam berbentuk portabel  keluaran Sony yang lazim di kenal  dengan nama Walkman. Rasanya bangga banget lho pada saat itu kalau kita mendengarkan lagu melalui walkman hehehe..

 

2. Cakram padat atau Compact Disc

cd,cakram padat,album musik,
compact disc
CD adalah nama yang lebih populer untuk menyebut benda bundar tipis ini. Hayo pikiran nya jangan ngeres lho ya, ini bukan CD segi tiga pengaman , tapi CD yang terakopi.com maksudkan di sini adalah sebuah media penyimpanan data digital yang berupa cakram optik. Perusahaan asal negeri kincir angin ,Philips adalah perusahaan yang terlibat dalam pengembangan cakram optik padat ini sejak tahun 1979 dan  memperkenalkan secara resmi ke publik pada tahun 1982. Di bandingkan dengan keberadaan kaset yang lebih dulu populer, CD memiliki beberapa kelebihan yakni tidak adanya suara desah sebagaimana yang di dapati pada kaset dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Dengan bentuk nya yang lebih tipis dan ringan tentu nya memudahkan dalam penataan tempat maupun dibawa ke tempat lain. Sejak di perkenalkan  hingga tahun 1998  ada milyaran keping CD yang telah di produksi di seluruh dunia. CD mencapai masa keemasan nya di tahun 2000 dimana kurang lebih 2,4 milyar keping CD di produksi. Setelah itu keberadaan nya mulai berangsur redup di gantikan dengan MP 3 player portabel yang lebih praktis sebagai pemutar lagu.

3. Cakram flopi  atau  Floppy disk

floppy disk,disket,media penyimpan data, data komputer,dos
disket
Dalam penggunaan sehari hari lebih di kenal dengan disket . Benda ini berfungsi sebagai perangkat penyimpanan data yang pada bagian dalamnya merupakan cakram  magnetis bulat yang tipis dan lentur, sedangkan  pada bagian luarnya dilapisi dengan lapisan berbahan plastik berbentuk persegi. Di era tahun ’90 an pengguna komputer pasti sangat familiar dengan benda ini, karena fungsi utama nya untuk penyimpanan data dan memindahkan nya dari satu komputer ke komputer lain nya. Meskipun kapasitas penyimpanan disket pada umum nya sangat kecil untuk ukuran sekarang yakni hanya 1,44 Mega byte, Namun dengan bentuk nya yang portabel keberadaan disket  pada saat itu sangat di butuhkan.

 

4. Hard Disk atau Cakram Keras

 

hard disk,komputer, media penyimpanan data,memori internal
hard disk
Hard disk merupakan sebuah perangkat ter integrasi yang terdiri dari beberapa komponen magnetis yang berfungsi sebagai media penyimpanan data utama pada perangkat komputer, dapat di katakan peran Hard disk sangat vital karena merupakan rumah bagi sistem operasi komputer itu sendiri. Kinerja suatu komputer dalam mengolah sebuah data tidak bisa di lepaskan dari seberapa cepat data yang di transfer oleh Hard disk. Karena nya semakin besar kapasitas penyimpanan sebuah hard disk akan meningkatkan kemampuan  komputer.

5. Flash Disk

sony,flash disk,penyimpanan data,video,megabyte,terabyte,
flash disk
Flash disk merupakan satu dari 6 Media Penyimpanan Data Yang Wajib Kamu Tahu dan benda paling populer saat ini yang di gunakan sebagai media untuk penyimpanan dan memindahkan berbagai data dalam bentuk lagu, gambar, video dan berbagai format lain nya, karena bentuknya yang beragam, portabel dan menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar bervariasi dari 512 Mega byte hingga  beberapa Giga byte bahkan terus di kembangkan sehingga mampu menyimpan hingga 1 Tera byte. Flash disk sendiri terdiri dari sebuah komponen yang berfungsi sebagai kontrol dan memori penyimpan data yang bersifat permanen sehingga data yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.

6. Micro SD

micro sd,memory card murah,kapasitas internal, eksternal memori,secure digital
micro sd
Micro Secure Digital adalah sebuah media penyimpanan digital yang berukuran kecil dan berfungsi sebagai memori tambahan eksternal untuk mengatasi kecilnya memori internal pada sebuah handphone. Meskipun berukuran kecil namun kemampuan menyimpan nya bisa di katakan sangat besar hingga beberapa Gigabyte. Dewasa ini keberadaan slot Micro SD pada sebuah handphone seolah menjadi  fitur wajib, banyak nya aplikasi yang dipasang terutama pada handphone berbasis android tentu nya membutuhkan sebuah media penyimpanan  berkapasitas besar yang tidak bisa dipenuhi oleh memori internal nya.
Itulah sekilas ulasan tentang 6 Media penyimpanan yang wajib buat kamu tahu, meski hanya  garis besarnya saja, paling tidak kita bisa mendapatkan gambaran tentang nya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lain nya hanya di Terakopi blogspot.com.
Pengertian dan Fungsi Flash Disk – Flashdisk yang biasanya sering disebut dengan USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk merupakan sebuah perangkat keras dengan bentuk yang berbeda-beda. Biasanya Flash Disk digunakan untuk alat penyimpanan data atau juga untuk menginstal sistem operasi.

Dibawah ini akan dijelaskan tentan Pengertian dan Fungsi Flash Disk. Namun, Anda bisa membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya yaitu Pengertian dan Fungsi UPS serta Definisi Perangkat Keras Komputer.

pengertian dan fungsi flash disk
Flash Disk SanDisk


PENGERTIAN FLASH DISK

Flash Disk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. 

 
Umur flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal). Tips buat anda penggunaan flashdisk pada system operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah.

– See more at: http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-fungsi-flash-disk.html#sthash.zojFwAr4.dpuf

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *