Welcome to TerakopiBerbagi Inspirasi & Informasi

6 Fakta Mencengangkan Tentang Hujan

6 Fakta Mencengangkan Tentang HujanTerakopi.com berbicara 6 Fakta Mencengangkan Tentang Hujan. Ya namanya saja bulan Januari, pasti identik dengan hujan, itu makanya Januari di terjemahkan bebas jadi hujan sehari hari .

Meski menurut perasaanku musim hujan kali ini jarang jarang turun hujan. Mulai sering juga baru beberapa hari terakhir ini, setiap sore pasti udah mulai mendung gelap banget terus hujan.

 

Simponi hujan yang turun di kegelapan malam

Tapi yang namanya orang itu kadang aneh juga ya, panas pengen nya hujan..giliran kehujanan sekali aja udah menggerutu ngga karuan, termasuk yang nulis , ini fakta lho yaa.

Tambah bikin kesel lagi seperti yang terjadi baru saja, udah hujan eeehh ada lagi nih sodaranya yang ikut, lho memang punya sodara apa..? Ya bisa di bilang gitu sih soalnya sering datang bersamaan. Tahu nggak apa hayo..? Itu tuh listrik padam.

Lagi asyik di depan layar, tiba tiba peettt gelaaaap. Niat nya pengen ngutak atik blog jadi ngga bisa,orang komputer nya ikut mati.

Hemmm.. jadi gelap banget nih di dalam rumah. Mana ngga ada lilin lagi, lampu emergency juga lupa taruh dimana. Mau keluar beli lilin males, lagi pula masih hujan. Ya udah di rumah aja lah, biarin gelap gelapan.

 

Dalam kegelapan sepekat apapun pasti akan ada setitik cahaya, Hehee.. bener juga ya petuah bijak itu. Dengan di temani simponi hujan yang turun di kegelapan malam ini jadi dapet inspirasi bahan tulisan buat ngisi blog yang baru aku buat.

Iya biar ngga garing garing banget blog nya, sekalian buat latihan senam jari juga, Betul ngga mister..?

 

Apa saja 6 Fakta Mencengangkan Tentang Hujan.?

Bermodal kan opera mini di hape mulai deh berselancar mencari sesuatu yang sempat terlintas di benak. Tentang apa sih, Ya apalagi kalo bukan tentang hujan, biar pas sama situasi dan kondisi saat ini, hujan sehari hari di bulan Januari.

 

Dari hasil olah KTP akhirnya jadi juga nih mengarang bebas bertema fakta tentang hujan. Ya selain bisa menambah wawasan buat diri sendiri, ngga ada salah nya kan kalo coba berbagi di sini, siapa tahu jadi ilmu yang bermanfaat. Mungkin banyak dari temen temen yang belum tau berbagai fakta tentang hujan kan..?

 

Nah ini dia 6 Fakta Mencengangkan Tentang Hujan yang berhasil di rangkum dari berbagai sumber, silakan di baca sambil minum kopi hitam nya.

Mulai dari :

1. Kecepatan rata rata hanya 8-10 km/jam

 

Air hujan yang jatuh dari langit ke bumi ternyata memiliki kecepatan yang rendah lho, kecepatan rata rata hanya 8-10 km/jam.

Lebih pelan dari orang jalan kaki. Kenapa bisa begitu ..? Hal itu di karenakan titik air hujan memiliki bentuk khusus yang berfungsi meningkatkan efek gesekan terhadap atmosfer sehinga membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah.

 

Coba bayangkan kalo bentuk titik air hujan tidak memiliki bentuk khusus dan gesekan terhadap atmosfer nya rendah.

 

Itu arti nya air akan jatuh dengan kecepatan yang lebih tinggi bahkan sangat tinggi dan akibat nya adalah kerusakan yang fatal di alami setiap benda yang ada di bumi kita tercinta ini setiap kali hujan turun.. wah bisa repot dong kalo gitu.

 

2. Ketinggian minimum awan hujan 1200 meter diatas permukaan tanah

 

Ya 1200 meter dari permukaan tanah adalah ketinggian minimum yang bisa membentuk terjadinya awan yang merupakan kumpulan dari titik titik air, sebelum jatuh ke bumi menjadi hujan. Sedangkan untuk batas maksimal yang diketahui awan hujan masih dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.

 

Ada sebuah tempat di bumi ini yang mengalami hujan sepanjang tahun, yakni Mt. Waialeale di Kauai, Hawaii dengan frekuensi hujan hampir sepanjang tahun di mana ada 350 hari dalam setahun yang selalu basah oleh hujan.

 

Berbagai Hal Unik Lain nya :

Trilogi Terakhir : Dasyhatnya Petir Catatumbo

Sanju Bhagat Hamil Selama 36 Tahun Padahal Dia Cowok Lho

3. Butiran yang sangat kecil ( 0,02 inchi sampai 0,031 inchi )

Fakta mencengangkan yang ke tiga adalah saat satu tetes air hujan mulai jatuh dari ketinggian 10.000 meter, efek nya ternyata besar banget. Bisa di samakan dengan sebuah benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm.

 

Mantap juga ya tekanan nya, padahal ukuran setiap tetes air hujan itu kecil banget dengan diameter bervariasi yaitu antara 0,02 inchi sampai sekitar 0,031 inchi.

 

Perlu diketahui juga butiran air hujan mengalami perubahan bentuk ratusan kali tiap detik nya. Dan apabila butiran air hujan itu dibekukan maka akan membentuk sebuah keping kristal yg sangat indah. Kristal yang terbentuk tidak seperti air biasa yang sering kita dapatkan pada air yang membeku di dalam freezer.

 

 

4. 16 Juta ton air menguap dari bumi setiap detik

 

Tahukah kamu berapa banyak jumlah air yang menguap dari bumi setap detik nya..? Jawaban nya sungguh mencengangkan.

Berdasarkan fakta yang ada kurang lebih 16 juta ton air yang menguap dari bumi setiap detik nya membentuk awan hujan.

Dan air dengan jumlah yang sama pun akan turun ke bumi dalam tiap satu detik nya. Seperti yang kita ketahui bersama ada yang di sebut konsep siklus air yang secara sederhana berawal dari proses penguapan yang merupakan kunci dari siklus air hujan.

 

Penguapan berasal dari air laut, sungai, juga dari tanaman yang mengalami penguapan dan bergerak ke angkasa (atmosfer), untuk kemudian menjadi awan. Uap air dalam awan yang mengalami titik jenuh itulah yang kemudian berubah menjadi titik titik air dan selanjutnya akan turun dalam bentuk hujan di daerah tropis, sedangkan di daerah kutub dan sub tropis akan jatuh dalam bentuk es dan salju.

 

Air yang jatuh ke permukaan bumi, akan meresap ke dalam tanah melalui celah atau pori-pori tanah dan bebatuan menuju muka air tanah. dengan adanya gaya kapiler maka air di dalam tanah bisa bergerak ke atas permukaan tanah melalui sungai dan danau.

 

Sungai-sungai bergabung satu sama lain dan membentuk sungai utama yang membawa seluruh air permukaan disekitar daerah aliran sungai menuju laut kembali. Demikian Siklus ini pun berjalan berulang secara terus menerus hingga disebut sebagai siklus air.

 

5. Mesin Waktu bernama Petrichor

Saat hujan mulai turun ke tanah, temen temen pasti bisa mencium aroma khas,yang orang bilang“ ampo” . Secara teoritis hal itu di sebabkan oleh senyawa yang dinamakan “ petrichor “ .

 

Senyawa petrichor adalah salah satu bau khas yang tercium saat hujan turun membasahi tanah yang kering. Istilah ini di ambil dari kosakata bahasa Yunani oleh dua orang ilmuwan Australia yang bernama Bear dan Thomas dan di terbitkan dalam jurnal ilmiahnya pada tahun 1964 silam.

 

Hemmm ternyata bukan orang Indonesia aja yang menikmati aroma “ampo” yang khas saat hujan turun. Satu hal yang menarik dari dan mungkin temen temen juga pernah mengalami, saat kita mencium aroma khas tanah kering yang basah oleh air hujan, kok sepertinya ada yang terasa aneh gitu ya, jadi semacam ber halusinasi .

 

Iya perasaan itu memang bener kok, karena fakta nya “petrichor” adalah sebuah mesin waktu yang bisa mengingatkan kita kepada sesuatu hal yang pernah kita alami di masa lalu. Waduuh..

 

6. Mampu Menghipnotis Manusia

 

Dan ini adalah fakta terakhir dari 6 Fakta Mencengangkan Tentang Hujan yang paling mencengangkan. Ternyata hujan memiliki kemampuan menghipnotis manusia untuk meresonansi ingatan pada masa lalu.

 

Meski tanpa sebuah bukti ilmiah, para ilmuwan dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa saat hujan turun, ada sebuah simponi atau senandung lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu. Rindu akan masa lalu, rindu akan semua kenangan yang pernah ada.

 

Para ilmuwan pun meyakini bahwa pada titik ini, manusia biasanya mendapatkan inspirasi dari senandung yang tercipta saat hujan mulai turun membasahi bumi.

 

Dan seperti hal nya yang di alami oleh manusia kebanyakan, saat ini pun fakta nya terakopi.com bisa mengungkapkan 6 Fakta Mencengangkan Tentang Hujan yang ter inspirasi dari hujan yang turun di penghujung bulan Januari ini.

 

Semoga menjadi pembuka bagi inspirasi inspirasi baru lain nya, dan tentu nya bisa bermanfaat bagi siapa saja yang sudah merelakan waktunya sejenak untuk sekedar membaca coretan kecil ini di terakopi.com. Terima kasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *