5 Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus atau Malware

tanda-smartphone-terkena-virus

5 Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus atau Malware. Pernahkah kamu mengalami  hal menjengkelkan saat sedang melakukan panggilan telepon, tapi tiba tiba terputus. Padahal kamu sudah yakin kalo pulsa masih mencukupi. Heemm.. kayaknya kamu perlu waspada deh, bisa jadi itu adalah tanda smartphone terkena virus.

 

Seperti kita tahu penggunaan smartphone dewasa ini bisa di katakan sudah menggantikan peran komputer sebagai sarana mengakses internet. Namun di balik kemudahan itu, ada satu bahaya yang mengancam. Para penjahat cyber semakin gencar menyasar pengguna nya untuk menebarkan virus atau malware.

 

Ya bukan hanya komputer saja yang bisa di susupi virus. Smartphone juga rentan mendapatkan serangan virus atau malware sehingga mengganggu kinerja nya.

 

Potensi terkena serangan virus semakin besar, jika kamu sering menginstal aplikasi atau software untuk smartphone kamu. Tak peduli sistem operasi apa yang kamu pakai, entah itu Android, iOS atau Windows Phone , semua memiliki potensi yang sama besar.



Jangan merasa aman dulu meskipun kamu mengunduh aplikasi itu di toko resmi seperti Google Playstore sekalipun. Tidak ada jaminan kalo aplikasi di toko resmi Google itu tidak di susupi virus atau malware.

 

Sudah banyak laporan akan adanya aplikasi palsu yang bisa menembus sistem keamanan Playstore. Hal ini tentu membuat kita harus  lebih berhati hati saat ingin memasang sebuah aplikasi tambahan.

 

Jika kamu mengalami 5 Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus atau Malware ini, segera ambil tindakan sebelum virus itu menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

 

Panggilan telepon sering putus

Seperti yang di singung di awal, mungkin kamu pernah mengalami di mana panggilan sering putus. Hal ini bisa saja merupakan tanda-smartphone-terkena-virus.

 

Sebuah virus atau malware pada smartphone, akan mengacaukan sistem dan secara tidak langsung akan berpengaruh pada kualitas sinyal. Terang saja panggilan telepon akan sering terputus akibat sinyal yang naik turun tidak stabil.

 

Segera cari tahu penyebab pasti nya dan lakukan pencegahan agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

 

Baterai boros

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan pemakaian baterai boros  dan  tidak sesuai dengan kapasitas idealnya. Pihak pabrikan tentunya sudah menyesuaikan kapasitas baterai dengan spesifikasi perangkat buatan nya.

 

Jika kamu merasa menggunakan smartphone secara wajar namun baterai menjadi sangat boros maka itu salah satu tanda-smartphone-terkena-virus.  Untuk dapat mengumpulkan data pencurian, sebuah virus atau malware di rancang untuk bekerja terus menerus meskipun kamu tidak menggunakan smartphone.

 

Aktifitas virus  itu tentunya membutuhkan sumber tenaga yang dalam hal ini di dapatkan dari baterai. Hal inilah yang menyebabkan baterai baterai cepat terkuras, meskipun hanya di gunakan untuk tugas yang ringan.

 

Jika kamu mengalami hal seperti ini, segera lakukan pencegahan. Periksa melalui Setting –> Aps ,  coba lihat apakah ada aplikasi gelap yang numpang di smartphone kamu. Kalo iya jangan tunggu waktu, segera hapus saja aplikasi itu.

 

Smartphone menjadi lemot

Jika kamu merasa performa smartphone kamu lemot tidak sebagaimana mestinya, padahal kondisi nya masih baru,  maka kamu patut curiga. Bisa jadi kinerja yang lemot itu adalah tanda smartphone terkena virus.

 

Smartphone menjadi lemot akibat ulah virus atau  malware yang menyusup ke dalam  smartphone kamu. Cobalah untuk melakukan reboot untuk mengatasi nya. Namun jika dengan langkah itu smartphone masih juga lemot segera bersihkan chace dan atur ulang ke setelan awal.

 

Kenapa Smartphone jadi lemot..?  Ini dia Penyebab Smartphone Menjadi Lemot dan Bodoh

 

Kuota internet cepat habis

Sebuah virus atu malware kebanyakan di ciptakan untuk melakukan pencurian data pada sebuah smartphone. Umum nya penjahat cyber mengincar data penting seperti password, rekening bank, nomor kartu kredit dan lain lain.

 

Kegiatan inilah yang membuat kuota internet cepat habis. Kuota internet juga di butuhkan untuk mengirimkan data ke pihak pembuat virus. Semakin intens aktifitas virus maka sudah pasti kuota internet kamu  semakin banyak terkuras.

 

Untuk memastikan ada tidaknya virus tersebut, coba cek di Setting–> Data ussage. Kalo pemakaian data memang sesuai dengan aktifitas kamu, tentu saja itu normal dan bukan merupakan tanda-smartphone-terkena-virus.

 

Sering Mengirim SMS dan Panggilan Otomatis

Salah satu  tanda-smartphone-terkena-virus yaitu terkadang mengirimkan SMS secara sembunyi sembunyi atau melakukan panggilan otomatis ke nomor tertentu. Nah jika kamu pernah menemukan kejadian ini jangan sekali kali membalas nya.

 

Lebih baik segera hapus SMS itu dan lakukan pengecekan dengan cara Setting–>Aps. Lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan, dan kamu tidak pernah merasa memasang nya. Jika iya bisa jadi itu adalah virus atau  malware,  segera hapus saja untuk keamanan.

 

Nah itulah 5 Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus atau Malware. Potensi terserang virus itu selalu terbuka lebar, namun paling tidak kamu bisa melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari kerugian yang lebih besar lagi.

 

Tetap waspada dan jangan sampai smartphone kamu menjadi korban keganasan virus atau malware.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *