5 Aplikasi Developer Game Terbaik Tanpa Coding

5 Aplikasi Developer Game Terbaik Tanpa Coding

Industri game merupakan bisnis dengan perputaran uang yang sangat besar. Meski cuma jualan “ mainan ” namun jangan sekali kali punya pikiran para developer game ini cuma sekedar bermain main saja hehee.

 

Kamu pasti akan termehek mehek kalo tahu berapa banyak duit yang berhasil di raup para developer kondang seperti Supercell atau Electronic Arts. Milyaran rupiah per hari broo, keuntungan Supercell dari hasil jualan mainan mereka.

 

Industri game tidak pernah ada matinya

 

Di tengah padatnya jadwal pekerjaan lengkap dengan rutinitas nya yang sangat membosankan , memainkan game menjadi hiburan yang mengasyikan. Tak peduli strata sosial , mau kaya apa miskin , dari anak anak sampai orang tua semua pasti suka memainkan game. Itulah sebabnya industri game tidak pernah ada matinya dan akan terus lahir game game baru.

 


Melihat kenyataan seperti itu, apa kamu nggak kepengen mencoba peruntungan untuk ikut bermain di bisnis ini..? Siapa tahu jalan hidup kamu bisa berubah drastis 180 derajat, setelah game buatan kamu meledak di pasaran dan rupiah mengalir deras ke kantong kamu.

 

Biar kamu nggak penasaran sama developer game :

 

Resep Mujarab Supercell Meramu Clash of Clans

 

Jangan keburu skeptis dulu dan bilang aku tidak bisa. Mosok ya nggak bisa.? percuma dong bisa baca tulis, sekolah sampai sarjana kalo cuma bikin mainan aja nggak bisa ha..haa..

 

Memang sih bikin game itu tidak mudah, di butuhkan bahasa pemrograman dan ilmu coding yang rumit. Kamu harus jago dalam menguasai ilmu coding jika ingin sukses membuat game. Yaah nggak jadi deh terjun di bisnis game.

 

Tenang sob ,jangan berkecil hati dulu. Ada seribu satu jalan menuju Roma. Nggak mau njlimet belajar ilmu koding bukanlah satu halangan, karena saat ini ada begitu banyak aplikasi yang memungkinkan untuk membuat game, tanpa harus menguasai ilmu coding. Cukup instal aplikasi nya , tarik sana sini dan haaappp jadi deh game made in kamu.

 

Di artikel ini saya cuma mau ngasih tahu aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk membuat game tanpa ilmu coding. Nanti setelah game nya jadi, baru deh kita kupas bagaimana cara nya memonetisasi atau mendapatkan uang dari game buatan kamu itu.

 

Oke langsung saja kamu kunjungi situs resminya dan instal 5 Aplikasi Developer Game Terbaik Tanpa Coding yang berikut ini :

 

1.RPG Maker MV

 

Ini dia aplikasi pembuat game jenis RPG yang sudah cukup lama malang melintang di dunia. Lebih dari 20 tahun RPG Maker menjadi andalan para developer game, baik yang sekedar iseng maupun yang benar benar serius menekuni bisnis game untuk tujuan komersial.

 

O ya RPG sendiri merupakan kependekan dari Role Playing Game salah satu jenis game. RPG Maker MV merupakan versi terbaru dari RPG Maker yang memungkinkan kamu membuat game beresolusi tinggi dan cukup dengan drag and drop.

 

Tidak perlu pusing pusing memikirkan coding, tugas kamu hanya fokus membuat alur cerita yang menarik saja. Aplikasi yang bisa kamu instal secara gratis ini mendukung game berplatform HTML 5, iOS , Android , Windows , Linux dan Mac OS.

 

2. Construct 2

 

Aplikasi buatan Scirra ini juga bisa kamu masukan ke dalam list pilihan untuk project game kamu. Mendukung grafis 2D dan cocok untuk membuat game game klasik yang berplatform action.

 

Memang sih untuk versi gratis nya fitur yang di miliki juga masih terbatas. Tapi itu sudah cukup kok sebagai media belajar lebih dulu, nanti kalo kamu sudah merasa mahir bisa membeli Construct 2 paket premium yang memiliki fitur lebih lengkap.

 

3. Game Maker Studio 2

 

Aplikasi buatan Yoyo games ini memungkinkan untuk membuat game 2D maupun 3D dengan animasi yang bisa di terapkan langsung di aplikasi nya. Cukup mudah juga penggunaan nya, hanya dengan drag and drop seperti kebanyakan aplikasi pembuat game lain nya.

 

Di samping versi gratis, Game Maker Studio 2 juga memiliki versi berbayar nya. Cukup mahal juga sih, kamu harus membayar $ 149 atau kurang lebih Rp.1,9 juta rupiah untuk menebusnya. Tapi jangan khawatir, uang yang kamu keluarkan pasti nggak akan sia sia asal kamu benar benar serius menekuni nya.

 

Salah satu game populer yang juga di kembangkan melalui aplikasi ini adalah Crashland. Selain bisa di gunakan untuk platform standar seperti iOS dan Android, Game Maker Studio 2 juga sudah support untuk PS4 dan X-box One.

 

4. Clickteam Fusion 2.5

 

Fitur yang di tawarkan aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan yang lain. Drag and drop itu sudah pasti jadi fitur wajib. Selain versi gratis, Clickteam Fusion 2.5 juga di tawarkan dalam versi premium seharga Rp. 595 ribu rupiah.

 

Aplikasi ini juga menjadi pilihan bagi developer profesional untuk membangun game, salah satu game yang di buat dengan Clickteam Fusion 2.5 adalah game horror Five Nights of Freddy’s yang cukup sukses di pasaran.

 

5. S2 Engine

 

Satu lagi aplikasi game terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk membuat game pertama kamu. Selain mengusung fitur wajib drag and drop, aplikasi ini juga di bekali dengan script coding bagi mereka yang sudah jago koding.

 

Aplikasi berbayar nya pun bisa kamu tebus dengan harga yang cukup murah yakni Rp.130 ribu rupiah. Grafis yang di sajikan S2 Engine pun cukup mumpuni selayaknya game class AAA. Di bekali dengan fitur pengaturan waktu siang dan malam juga sistem cuaca atau musim.

 

Sayang nya aplikasi ini hanya di tujukan untuk membuat game di PC Desktop , sehingga penggunaan nya pun sedikit terbatas.

 

Nah itu tadi 5 Aplikasi Developer Game Terbaik Tanpa Coding yang bisa kamu gunakan untuk langkah awal membangun bisnis game kamu. Semoga bermanfaat ya.. 🙂

 

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *