20 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru

20 orang terkaya di Indonesia terbaru

Cerita tentang kesuksesan seseorang selalu saja menarik perhatian kita semua. Hal yang sangat lumrah sebenarnya, karena semua orang pasti ingin hidup kecukupan. Syukur syukur bergelimang harta seperti para taipan yang termasuk jajaran 20 orang terkaya di Indonesia ini.

 

Seperti kita ketahui bersama, setiap tahun nya majalah Forbes rutin merilis data peringkat orang orang terkaya dari seluruh dunia. Dan biar kamu nggak semakin penasaran , yuuk kita intip siapa saja yang termasuk 20 orang terkaya di Indonesia berdasarkan data yang di rilis pada bulan April kemarin.

 

Kita mulai dari urutan terbawah atau peringkat ke 20 , awas jangan sampai gagal paham lho ya ūüôā

 

1.Alexander Tedja # 20

Nama ini mungkin masih sedikit asing , karena memang jarang di publikasikan. Kakek berusia 71 tahun ini memiliki harta kekayaan sebesar $ 1 Milyar atau setara Rp. 13,2 Trilyun rupiah, berdasar kurs pada saat artikel ini di tulis sekitar Rp.13.200 per dollar AS

 

Alexander Tedja adalah pendiri dan pemilik group Pakuwon Jati.  Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang real estate dan memiliki proyek proyek prestisius di Jakarta dan Surabaya. Beliau menempati peringkat ke 20 orang terkaya di Indonesia dan berada di posisi 1.940 dunia.

 

2. Harry Tanoesoedibjo # 19

Menempati peringkat ke 19 dan 1.795 dunia, pria berumur 51 tahun kelahiran Surabaya 26 September 1965 ini adalah pemilik MNC Group. Bisnis inti korporasi ini adalah bidang media penyiaran membawahi  stasiun televisi seperti RCTI, TPI , beberapa stasiun televisi lokal, surat kabar dan radio.

 

Harry Tanoe begitu sering di panggil merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara , yang dewasa ini juga fokus dalam bidang politik dengan mendirikan Partai Perindo. Di kenal sebagai mitra usaha Donald Trumph di Indonesia, beliau pun mengakui banyak belajar dari presiden ke 45 AS itu. Bapak lima anak ini secara terus terang memang bercita cita untuk menjadi presiden di Indonesia.

 

Total kekayaan yang di miliki Harry Tanoesoedibjo adalah $ 1,1 Milyar atau Rp.14,52 Trilyun rupiah.

 

3.  Harjo Sutanto # 18

Memiliki harta kekayaan sebesar Rp.15,84 Trilyun rupiah , kakek berusia 91 tahun ini menempati peringkat ke 18 orang terkaya di Indonesia dan posisi 1.678 global.

 

Beliau mulai membangun bisnis nya dari nol sejak 60 tahun yang lalu. Bersama sahabat nya Johannes Ferdinand Katuari , mereka berjualan sabun secara keliling dari pintu ke pintu di daerah Jawa Timur.

 

Hasil kerja keras itu lah yang kini telah menjelma menjadi perusahaan raksasa yang cukup kondang di Indonesia, Wings Group. Selain Wings , Harjo Sutanto juga menjadi pemegang franchise Family Mart sebuah perusahaan ritel dari Jepang.

 

4. Husain Djojonegoro # 17

Di peringkat 17 ada nama Husain Djojonegoro yang memiliki kekayaan sebesar Rp. 15,84 Trilyun. Husain bersama dua orang saudara nya menjalankan ABC dan Orang Tua Group yang di dirikan ayah nya pada tahun 1948. Perusahaan consumer good yang cukup ternama di Indonesia ini adalah produsen produk seperti wafer Tango, pasta gigi dan berbagai produk herbal.

 

Selain itu Husain juga pemegang hak Intercallin, produsen batu baterai terbesar di Indonesia saat ini. Padatahun 2015 silam , Orang Tua Group mengeluarkan produk bir pertama nya dengan merek Prost.

 

 

5. Soegiarto Adikoesoemo # 16

Di posisi 16 ada pendiri dan pemilik AKR Corporindo , sebuah perusahaan yang di dirikan sejak tahun 1960 dan terdaftar di Bursa Efek tahun 1994. Lini bisnis group ini mencakup distribusi, layanan logistik dan industri kimia.

 

Pria yang kini memasuki usia 79 tahun ini memiliki total kekayaan sebesar Rp. 16 Trilyun rupiah.

 

6. Djoko Susanto # 15

Anak ke enam dari sepuluh bersaudara ini memulai usaha nya dari bawah. Di besarkan dalam keluarga yang sederhana, Djoko membantu ayahnya berjualan barang kelontong di sebuah kios yang terletak di pasar tradisional.

 

Keberhasilan Djoko sebagai agen rokok dengan angka penjualan yang cukup besar, membuat Putera Sampoerna, taipan pemilik pabrik rokok Sampoerna tertarik dan mengajaknya bekerja sama dengan mendirikan usaha ritel Alfa gudang rabat.

 

Kini jaringan ritel mini market yang terkenal dengan nama Alfamart itu adalah penyokong utama pundi pundi kekayaan Djoko Susanto, dan menobatkan nya menjadi orang terkaya ke 15 di Indonesia dengan nilai kekayaan sebesar Rp. 17,16 Trilyun rupiah.

 

7. Eddy Kusnadi Sariaatmadja # 14

Eddy Kusnadi merupakan salah satu taipan di bisnis media , pemilik 3 stasiun televisi di Indonesia yakni SCTV, Indosiar dan O Channel yang tergabung di bawah bendera Elang Mahkota Teknologi atau lebih sering disebut Emtek Group.

 

Laki laki berusia 63 tahun ini merupakan orang terkaya ke 14 di Indonesia dan peringkat 1.468 dunia, dengan total kekayaan sebesar Rp. 18,48 Trilyun rupiah.

 

8. Sukanto Tanoto # 13

Pemilik group usaha Royal Golden Eagle ( RGE ) ini memiliki harta kekayaan sebesar Rp. 19,8 Trilyun rupiah. Bisnis utama dari RGE yang di dirikan pada tahun 1973 ini adalah di bidang pengolahan sumber daya kayu.

 

Sebagai pendiri dan ketua  RGE , bapak 4 anak berusia 67 tahun ini telah mengubah Indonesia dari pengekspor kayu gelondongan menjadi kayu lapis, sehingga ada nilai lebih.

 

9. Martua Sitorus # 12

Martua bersama saudaranya Ganda Sitorus adalah pendiri dan pemilik Wilmar Internasional. Sebuah group usaha yang memiliki bisnis utama di bidang minyak kelapa sawit.

 

Saat ini Wilmar Internasional adalah penguasa pasar minyak goreng kemasan terbesar di Asia Tenggara, dan dari bisnis inilah Martua Sitorus berhasil memiliki harta kekayaan sebesar Rp. 19,8 Trilyun dan menempati urutan ke 12 sebagai orang terkaya di Indonesia.

 

10. Ciputra # 11

Nama Ir. Ciputra tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Ya beliau adalah salah satu perintis sekolah wirausaha di negeri ini. Ciputra menyelesaikan pendidikan nya sebagai arsitek di Institut Teknologi Bandung dan merupakan pendiri Group Ciputra.

 

Kelompok usaha ini adalah salah satu developer real estate terbesar dan terkemuka dengan proyek properti yang tersebar di 33 kota di seluruh Indonesia.

 

Kakek yang masih sangat bugar di usia nya yang sudah senja ( 85 tahun ) ini memiliki harta kekayaan Rp. 21,12 Trilyun rupiah dan berada di tangga ke 11 orang terkaya di Indonesia.

 

11. Peter Sondakh # 10

Harta kekayaan pria kelahiran Surabaya ini mencapai Rp.22,44 Trilyun rupiah sehingga membuatnya berada di posisi ke 10 dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

 

Bapak 4 anak yang kini berusia 67 tahun ini adalah pemilik perusahaan taksi Express di bawah bendera Express Trasindo Utama. Selain itu beliau juga bergerak di sektor properti dengan membangun kawasan resort dan gedung pertemuan, Langkawi International Convention Center.

 

12. Prajogo Pangestu # 9

Nama Prajogo Pangestu sudah cukup familiar bagi kalangan pebisnis di Indonesia. Pria 73 tahun ini adalah salah satu taipan kondang di bidang usaha pengolahan kayu di bawah bendera Barito Group. Selain itu Barito juga bergerak di lini usaha pengolahan minyak sawit mentah ( CPO ) dan industri petrokimia.

 

Perjalanan mencapai kesuksesan tidak di lalui nya dengan mudah, beliau pernah bekerja sebagai sopir angkot dan buruh di pabrik kayu lapis. Namun berkat keuletan nya , perjalanan waktu merubah nya menjadi salah satu taipan kenamaan di Indonesia. Dengan total kekayaan sebesar Rp. 23,76 Trilyun rupiah, Prajogo menempati urutan ke 9 sebagai orang terkaya di Indonesia.

 

13. Mochtar Riady # 8

Pendiri dan pemilik Group Lippo ini adalah orang terkaya ke 8 dengan nilai kekayaan Rp. 25.08 Trilyun rupiah. Grup usaha yang kini sudah beralih tongkat estafet ke generasi ketiga ini merupakan induk usaha dari departemen store ternama Matahari yang kini juga berevolusi menjadi e commerce Matahari Mall.

 

14. Theodore Permadi Rachmat # 7

Pemilik nama kecil Oei Giok Eng ini di lahirkan tahun 1943 di Majalengka dan merupakan keponakan dari pendiri Group Astra Internasional, William Suryajaya.

 

Memulai karir sebagai sales di unit usaha United Tractors, lulusan ITB ini mengabdikan hampir seluruh hidupnya untuk kemajuan Astra. Selain itu beliau juga mendirikan usaha sendiri dengan nama Tri Putra Group. Saat ini TP. Rachmat adalah orang terkaya ke 7 di Indonesia dengan kekayaan Rp. 25,1 Trilyun rupiah.

 

15. Murdaya Poo # 6

Di peringkat ke 6 orang terkaya di Indonesia ada nama Murdaya Poo, pemilik kelompok usaha Murdaya Group yang bergerak di bidang usaha minyak kelapa sawit, enginering dan teknologi informasi.

 

Mantan politisi senayan dari PDI Perjuangan ini adalah pemilik  Jakarta International Expo, convention center terbesar di Jakarta juga pemegang merek Nike di Indonesia.

 

Bapak 4 anak yang mengawali usaha dari bawah sebagai tukang loper koran ini memiliki kekayaan total Rp.27, 72 Trilyun rupiah.

 

16. Dato’ Sri Tahir # 5

Pendiri Mayapada Group yang di lahirkan di Surabaya 65 tahun silam ini memiliki kekayaan sebesar Rp.36,96 Trilyun rupiah dan menempati urutan ke 5 sebagai orang terkaya di negeri ini. Konglomerasi bisnis ini bergerak di sektor perbankan ( Bank Mayapada ) , jaringan rumah sakit dan real estate.

 

Tahir di lahirkan dan di besarkan dalam keluarga miskin, ayahnya adalah seorang pembuat becak. Namun ketekunan nya telah menghantarkan Tahir menjadi taipan ternama di Indonesia. Beliau juga di kenal sebagai sosok filantropis , yang tidak segan mengeluarkan kekayaan nya untuk membantu sesama.

 

17. Chairul Tanjung # 4

Anak singkong yang di lahirkan di Jakarta tahun 1962 ini adalah pendiri dan pemilik kelompok usaha CT Corp.  Sebuah konglomerasi usaha yang terbagi dalam beberapa usaha inti. Chairul Tanjung merupakan pemilik Trans TV, Trans 7 , Transmart, Bank Mega dan Trans Studio.

 

Masih banyak lagi lini usaha yang di miliki CT Corp yang sebelumnya bernama Para Group ini. Pemegang lisensi untuk merek Wendy’s , Versace dan Mango ini memiliki kekayaan sebesar Rp.60,72 Trilyun rupiah dan merupakan orang terkaya ke 4 di Indonesia.

 

18. Sri Prakash Lohia # 3

Pria kelahiran India yang pindah ke Indonesia bersama kedua orang tuanya ini adalah pemilik Indorama. Perusahaan pemintalan benang terbesar di Asia Tenggara yang di dirikan sang ayah pada tahun 1976 silam.

 

Meski saat ini beliau lebih banyak menghabiskan waktu di London, namun beliau masih merupakan WNI. Kontrol bisnis di Indonesia telah di serahkan kepada anak nya, Amit. Selain bisnis pemintalan benang , Grup ini juga merupakan produsen pupuk dan petrokimia.

 

Total kekayaan saudara ipar dari Raja Baja Lakhsmi Mittal ini mencapai Rp.71,28 Trilyun rupiah dan berada pada peringkat ke 3 orang terkaya di Indonesia.

 

19.  Robert Michael Hartono # 2

Bersama sang adik , beliau adalah pemilik Group Djarum yang bergerak di sektor usaha pabrik rokok dan perbankan. Total kekayaan pria berusia 77 tahun yang di lahirkan di kota Kudus Jawa Tengah ini adalah Rp. 132 Trilyun rupiah dan berada di posisi ke 2 orang terkaya di Indonesia ,satu peringkat di bawah adik nya.

 

20. Inilah orang terkaya di Indonesia R. Budi Hartono # 1

Yaap akhir nya sampailah perjalanan kita pada puncak tangga tertinggi dari 20 orang terkaya di Indonesia. Dengan total kekayaan sebesar Rp. 133,32 Trilyun rupiah , adik dari Michael Hartono ini adalah orang paling kaya di negeri kita.

 

Di lahirkan di kota Semarang 76 tahun silam, Budi Hartono dan kakaknya merupakan pewaris bisnis sang ayah Oei Wie Gwan yang merintis usaha pabrik rokok kretek, dengan mengakuisisi sebuah pabrik yang hampir bangkrut pada tahun 1950, dan memberikan nama Djarum untuk perusahaan nya itu.

 

Di tangan kedua bersaudara itu, Grup Djarum tumbuh pesat menjadi pabrik rokok kretek terbesar di Indonesia. Budi Hartono juga merupakan pemegang saham mayoritas di BCA , Bank swasta nasional terbesar di Indonesia. Selain itu mereka juga memiliki lini bisnis produsen peralatan elektronik dengan menggunakan brand Polytron.

 

Itulah daftar 20 0rang terkaya di Indonesia tahun 2017 , berdasarkan data dari majalah bisnis Forbes. Semoga bermanfaat buat kita semua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *